Pentingnya Aspek Lingkungan saat Membangun Rumah

Hansel Jevera, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 20:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 05 470 2178826 pentingnya-aspek-lingkungan-saat-membangun-rumah-T5LOg0ssPC.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membangun rumah adalah lingkungan. Karena dengan menggunakan lahan untuk membangun bangunan berarti sebenarnya kita sudah mengurangi ruang hijau atau tempat tumbuhnya tanaman. Tanaman dan tanah memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai penahan dan menyimpan air tanah yang dapat mengurangi banjir. Tanaman berupa pohon-pohon dapat memberikan naungan bayangan dan mengurangi suhu udara hingga 3-4 derajat celcius.

Bayangkan bila hidup di antara pepohonan rindang di mana kita dapat berinteraksi dengan burung-burung, binatang peliharaan, sehingga sebagai manusia kita masih dapat merasakan anugerah Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Mungil Kekinian? Perhatikan Hal Ini

Melansir buku ’22 Ide dan Konsep Desain Rumah dan Taman’ karya Probo Hindarto, berikut fakta pendukung mengapa kita ingin rumah berwawasan lingkungan:

1. Bahan material alam seperti kayu, menjadi semakin mahal dan sulit didapat sehingga menjadi alasan kita untuk berhemat dan menggunaka kayu dengan seefektif mungkin.

2. Lahan di perkotaan yang semakin sempit, menjadi alasan bahwa rumah sebaiknya memiliki taman di mana putra-putri kita dapat bermain. Usahakan agar pembangunan tidak menghabiskan seluruh lahan.

3. Masyarakat sudah memahami bahwa rumah tinggal itu tidak harus “bagus di luar”, tetapi juga “bagus di dalam”, dalam arti nyaman ditempati dan sehat.

4. Gerakan kembali ke alam (back to nature) menjadi tren terkini dengan arsitektur tropis yang memperhatikan pencahayaan dan penghawaan alami untuk mengurangi biaya operasional listrik untuk pencahayaan buatan {lampu} dan AC.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini