Tarif Listrik Tak Naik, Pemerintah Tidak Akan Biarkan PLN Rugi

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 320 2179104 tarif-listrik-tidak-naik-pemerintah-tidak-akan-biarkan-pln-rugi-0nRpnDygTD.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tarif listrik dipastikan tidak akan mengalami kenaikan hingga Juni 2020. Penetapan ini tentu saja berdampak kepada Biaya Pokok Penyediaan (BPP) PT PLN (Persero).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana memastikan, pemerintah tidak akan membiarkan PLN merugi dengan menyiapkan dua skema pembayaran bagi PLN.

“Mereka dapat dalam bentuk subsidi yang dibayar per bulan dan ada mekanisme kompensasi yang diatur PMK (Peraturan Menteri Keuangan) dan dihitung setelah ada audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” kata Rida dilansir dari laman Setkab, Jumat (6/3/2020).

 

Dia melanjutkan, pihaknya mengumumkan tarif tenaga listrik sebulan sebelum masa berlaku ini merupakan bagian dari usaha meningkatkan indeks Ease of Doing Business (indeks kemudahan berusaha). Hal ini juga menjadi bagian transparansi kepada publik.

“Secara aturan tariff adjustment boleh diusulkan per 3 bulan. Aturan dalam kaitannya dengan perbaikan Ease of Doing Business, sebulan sebelumnya harus sudah diumumkan sebagai bentuk transparansi publik dan itu harus diumumkan,” beber Rida.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini