Pembangunan Terowongan Satwa Dirancang Gunakan Tanaman Hijau

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 320 2179709 pembangunan-terowongan-satwa-dirancang-gunakan-tanaman-hijau-pgz58Sg9vl.jpg Pembangunan Terowongan Satwa (Foto: IG PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun terowongan perlintasan Gajah di Tol Pekanbaru - Dumai pada Seksi IV Kandis Utara - Duri. Perlintasan ini dirancang menggunakan tanaman hijau agar menyerupai habitat asli.

Dengan panjang 25 - 45 meter dengan tinggi 1,5 meter perlintasan dirancang menggunakan tanaman hijau agar menyerupai habitat asli. Perlintasan dibuat karena ruas tol ini melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil yang merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatera dengan populasi sekitar 50 ekor.

 Baca juga: Diharapkan April Selesai, Tol Pekanbaru-Dumai Pangkas Waktu Tempuh Jadi 1,5 Jam

Melansir dari Instagram KemenPUPR, Jakarta, Sabtu (7/3/2020), Dengan adanya tol Tol Pekanbaru - Dumai, perjalanan Pekanbaru - Dumai yang sebelumnya menempuh waktu 4 sampai 5 jam akan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam sehingga akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

Di samping itu, keberadaan tol ini akan membuat jalan nasional lebih awet karena tidak dilewati kendaraan berat. Secara keseluruhan, progres konstruksinya telah mencapai 87,74% dan diharapkan dapat dilalui ketika masa Lebaran.

 Baca juga: Presiden Jokowi Soroti Belum Dimulainya Pembangunan Sejumlah Ruas Tol Trans Sumatera

Postingan ini mendapat beberapa komentar dari netizen, berikut Okezone sudah merangkumnya :

@*h*n*a.*a**l*1* : Semangat terus bpk2 PUPR,,semoga selalu dirahmati tuhan.

@r**o**m**m : Perkebunan sawit semua y min, gajahny tinggal di kebun sawit y?

@*o**ez**n : Tingginya cm 1.5 m min gak salah? Emg gajah bisa lewat cuma 1.5m?

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini