nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Gratiskan Tarif Kereta Api Perintis Minangkabau Ekspres, Cek Jadwalnya

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 22:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 08 320 2180163 kemenhub-gratiskan-tarif-kereta-api-perintis-minangkabau-ekspres-cek-jadwalnya-HnPOoziGGy.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera bagian Barat, Ditjen Perkeretaapian telah menyelesaikan reaktivasi jalur kereta api dari Padang ke Pulau Air dengan panjang jalur lebih kurang 2,7 kmsp.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Suranto menyebut rencananya kereta api Perintis Minangkabau Ekspres akan melayani penumpang sampai ke stasiun Pulau Air mulai tanggal 12 Maret 2020. 

"Sebagai bentuk sosialisasi dan menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan kereta api, selama 10 hari yakni dari tanggal 12 sampai 22 Maret diberlakukan tiket Rp0,- atau gratis pada lintas pelayanan Bandara-Padang-Pulau Air," ujar dia pada keterangan tertulisnya, Minggu (8/3/2020). 

Selanjutnya mulai tanggal 23 Maret 2020 tarif kembali normal yaitu Rp5 ribu  bagi penumpang yang melakukan perjalanan tidak dari/ke bandara. Untuk perjalanan yang dari/ke bandara, penumpang dikenai tarif Rp10 ribu.  

Dengan beroperasinya Jalur ini maka potensi wisata di daerah sekitar antara lain Kota tua, Jembatan Siti Nurbaya, dan lainnya akan lebih mudah diakses. 

"Potensi Wisata di daerah sekitar Pulau Air sangat banyak. Juga jarak ke pelabuhan tempat kapal yang akan menyeberang ke wisata pulau Mentawai dekat. Jadi Wisatawan dari Bandara BIM naik kereta sampai ke Stasiun Pulau Air lanjut ke pelabuhan," tandasnya.

Seperti diketahui, Pembangunan ini dimulai sejak Juli 2019 dan saat ini telah selesai. Sebelum beroperasi harus dilakukan serangkaian pengujian oleh Balai Pengujian Perkeretaapian. Selain pengujian juga akan dilaksanakan safety assesment oleh Direktorat Keselamatan Perkeretaapian. 

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini