Share

Erick Thohir Pastikan Kesiapan RS Pertamina Jadi Rumah Sakit Khusus Korona

Giri Hartomo, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 320 2181816 erick-thohir-pastikan-kesiapan-rs-pertamina-jadi-rumah-sakit-khusus-korona-fsOJodfl3k.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau RS Pertamina. (Foto: Okezone.com/Dok. Pertamina)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan Rumah Sakit (RS) Pertamina Jaya untuk dialihfungsikan menjadi salah satu RS khusus penanganan virus korona atau Covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir pun memastikan kesiapan salah satu RS yang dikelola Pertamedika (anak usaha Pertamina). Dirinya melakukan kunjungan ke RS Pertamina Jaya (RSPJ) yang merupakan salah satu bagian dari holding rumah sakit BUMN yaitu Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Baca Juga: Aksi Buyback 12 BUMN, Erick Thohir: Kalau Asing Tak Percaya, Kita Lakukan Sendiri

Dalam kunjungannya, Erick meninjau sejumlah lokasi termasuk ruangan yang akan dialihfungsikan khusus untuk penanganan Covid-19. Dia pun mengapresiasi baik fasilitas maupun layanan yang telah dilakukan oleh RS Pertamina Jaya.

Menurutnya, RS Pertamina Jaya bukan hanya siap menangani Virus Corona namun juga telah melakukan edukasi untuk pencegahan penyebaran virus ini.

Baca Juga: Aksi Buyback 12 BUMN, Erick Thohir: Melawan Saham Gorengan

"Pihak rumah sakit telah memberikan edukasi sehingga menenangkan. Karena rasa waswas berlebihan juga bisa menganggu kesehatan. Dan saya lihat RSPJ telah mengantisipasi fenomena itu", puji Erick, dalam keterangan Pertamina, Rabu (11/3/2020).

RSPJ merupakan salah satu RS Pertamina yang telah berdiri sejak 1972. Pelayanan kesehatan yang dilakukan RSPJ diketahui cukup komprehensif, tidak hanya pengobatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif namun juga aktif dan konsisten melakukan upaya-upaya preventif dan promotif, mengajak serta mengedukasi masyarakat.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sebelumnya, Erick Thohir didampingi Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Erick memastikan kesiapan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandar udara tersebut dalam mencegah masuknya virus Corona dari luar negeri maupun persebarannya di Indonesia.

Bandara Soekarno-Hatta terpantau memiliki pemindai suhu tubuh atau thermal scanner di terminal kedatangan Internasional. Setibanya di bandara pada pukul 09.00 WIB, Erick yang didampingi Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Anas Ma’ruf langsung mengecek kesiapan thermal scanner di area terminal tersebut.

Selain itu, Erick juga meninjau kesiapan alat pemeriksaan kesehatan bagi penumpang bandara, serta pelindung diri bagi tenaga kesehatan yang tersedia di ruang KKP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini