Antisipasi Kenaikan Gula dan Bawang Putih, Mendag Gelar Operasi Pasar

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 320 2182391 antisipasi-kenaikan-gula-dan-bawang-putih-mendag-gelar-operasi-pasar-mK3oQy5eQe.jpg Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan siap menggelar operasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga komoditas. Operasi pasar dilakukan khususnya untuk gula dan bawang putih.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, mungkin dalam waktu dekat akan dilakukan operasi pasar dalam beberapa hari ke depan.

”Dan itu memang stoknya ada hanya pendistribusiannya saja. Nanti kita lihat stok yang sekarang didistribusi sudah per didistribusi sekitar 150 ribu (gula),” ujar Agus, dikutip dari Setkab, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: Harga Ayam dan Beras Naik pada Hari Ini

Menurutnya kendala hanya masalah keterlambatan dalam hal pengiriman karena ada masalah virus korona. Padahal distribusi sudah masuk.

”Logistik ini kan masuk biasanya cepat ya. Nah dalam proses ini juga kan itu pergerakan orang di Tiongkok ini dibatasi. Itu yang kadang-kadang memang sedang kita antisipasi,” tambahnya.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Turun, Bawang Merah Malah Naik

Namun demikian, Mendag menyampaikan kuota itu akan ditambahkan nanti setelah ini selesai mungkin finalisasi dalam 1-2 hari ini ke depan. ”Ya besok juga ada ini, itu ditambahkan khusus gula ya. Untuk gula ini sudah diputuskan kemarin 550 ya untuk sampai stok Agustus,” jelasnya.

Mengenai penimbunan, Mendag menyampaikan akan diserahkan kepada Satgas Pangan dan memang sudah koordinasi dengan Satgas Pangan untuk pelaksanaan. ”Karena kita kumpulkan juga produsen-produsen dan bagaimana pendistribusiannya dan nanti itu koordinasinya dengan Satgas Pangan,” pungkas Mendag.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini