Presiden Jokowi Larang Perusahaan Lakukan PHK

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 320 2184096 presiden-jokowi-larang-perusahaan-lakukan-phk-af2oa7JwBx.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dia meminta kepada Menteri Perindustrian untuk memastikan tidak ada PHK.

“Usahakan beri tahukan kepada perusahaan-perusahaan agar tidak melakukan pemutusan hubungan kerja baik Menteri Perindustrian, baik Menteri UKM yang berkaitan dengan ini,” kata dia dalam konferensi video, Senin (16/3/2020).

Baca Juga: PHK Massal Indosat dan Aice, Menko Airlangga Sebut Fenomena Korporasi

Sebelumnya, Jokowi mengakui dampak pandemi covid-19 ini telah memperlambat ekonomi dunia secara masif dan signifikan,termasuk perekonomian Indonesia. Untuk itu, pemerintah telah dan terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi dampak ini.

Dengan memastikan bahan kebutuhan pokok yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah telah memberikan insentif kebijakan ekonomi, sebagaimana telah diumumkan oleh Menko Perekonomian dan jajaran Menko untuk menjaga kegiatan dunia usaha yang telah berjalan agar tetap berjalan seperti biasa.

Baca Juga: PT Indosat Ooredoo Resmi PHK 677 Karyawan, Ini Penjelasan Managament

Jokowi juga meminta kepada perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di rumah. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona di Indonesia.

Sistem bekerja di rumah juga sudah diterapkan beberapa Kementerian dan Lembaga pemerintah seperti Kementerian Keuangan hingga Kementerian Pertanian. Jokowi berharap sistem bekerja di rumah juga bisa diterapkan oleh perusahaan-perusahaan.

“Untuk perusahaan-perusahaan dan pemerintah juga bisa melakukan bekerja dari rumah dan juga beribadah di rumah,” kata Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini