Terapkan Work from Home, Kementan Siapkan Juga Jadwal Piket Pegawai

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 320 2184789 terapkan-work-from-home-kementan-siapkan-juga-jadwal-piket-pegawai-WwwSpbKQpL.jpg PNS Bisa Kerja dari Rumah Selama Merebaknya Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyesuaian sistem kerja dengan memberlakukan kerja dari rumah mulai 17 Maret sampai 31 Maret, dalam rangka mencegah virus corona atau Covid-19.

Mengutip Surat Edaran Nomor 1044/SE/KP.370/A/03/2020 tentang Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Lingkungan Kementan Dalam Rangka Pencegahan dan Perlindungan dari Wabah Penyakit Virus Corona, Selasa (17/3/2020). Kementan memutuskan perjalanan dinas dalam negeri agar dilakukan secara selektif sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus dilaksanakan.

Baca Juga: Ada 88 Daerah Rentan Rawan Pangan, Ini Ciri-cirinya!

Melakukan penundaan peijalanan dinas luar negeri. Kemudian penyelenggaraan rapat-rapat agar dilakukan secara selektif sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi atau melalui media elektronik yang tersedia.

Apabila berdasarkan urgensi yang sangat tinggi harus diselenggarakan rapat dan/atau kegiatan lainnya di kantor, agar memperhatikan jarak aman antar peserta rapat paling kurang satu meter (social distancing).

Baca Juga: Mentan Syahrul Siap Tempur Lawan Mafia Pangan!

Setiap pimpinan unitkerja harus memastikan terdapat paling kurang dua level pejabat struktural tertinggi pada unit kerja yang bersangkutan untuk tetap melaksanakan tugasnya di kantor.

Selain ketentuan sebagaimana huruf a, dilakukan pembagian kehadiran pegawai melalui jadwal piket. Pengaturan jadwal piket dilaksanakan oleh Kepala Biro/Kepala Pusat lingkup Sekretariat Jenderal, Sekretaris Ditjen/Sekretaris Itjen/Sekretaris Badan dan Kepala Unit Pelaksana Teknis.

Pengaturan piket wajib memastikan pelayanan kepada masyarakat dan pegawai berjalan efektif. Pembagian dan pemantauan pelaksanaan tugas Pegawai Work From Home (WFH) dilaksanakan oleh atasan langsung selaku Pejabat Penilai.

Pegawai yang bertugas secara WFH tidak diizinkan meninggalkan rumah serta wajib mengisi aktivitas harian dan melaporkan pelaksanaan tugas melalui e-Kinerja kepada Atasan Langsung/Pejabat Penilai sebagai bahan penilaian kinerja.

Pegawai yang bertugas secara WFH memperoleh uang makan dan tunjangan kinerja sesuai hasil penilaian pelaksanaan pekerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini