Presiden Jokowi Prediksi Ekonomi Dunia Hanya Tumbuh 1,5%

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 20 2186346 presiden-jokowi-prediksi-ekonomi-dunia-hanya-tumbuh-1-5-0e9mwxJzpe.jpg Presiden Jokowi Telekonferensi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (jokowi) memprediksi ekonomi dunia di tengah wabah virus Corona atau Covid-19. Di mana, hal ini setelah berkoordinasi dengan para pemangku kebijakan ekonomi.

"diperkirakan pertumbuhan perekonomian dunia akan turun dari 3 persen menjadi 1,5 persen atau mungkin lebih dari itu," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

 Baca juga: Tidak Ada Kepastian, BI Pangkas Proyeksi Ekonomi Dunia Jadi 2,5%

Hal ini dikarenakan penyebaran pandemik Virus Corona tidak hanya menyerang kesehatan masyarakat. Di mana, wabah tersebut memberikan implikasi besar ke perekonomian dunia.

"Tantangan ini harus kita hadapi dan kita jawab," ujarnya.

 Baca juga: Virus Corona Meluas, Resesi Global Makin Terasa

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan proyeksi penurunan ekonomi dunia menjadi 2,5% dari prakiraan sebelumnya sebesar 3%. Penurunan terjadi karena tidak ada kepastian untuk ekonomi global di tengah virus corona.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, penyebaran Covid-19 yang cepat di luar China memberikan ketidakpasitan pada ekonomi dunia, karena virus ini sudah menyebar ke-159 negara tidak hanya di Asia, tapi ke AS dan Eropa.

"Perkembangan ini membuat kepastian tinggi dan menurunkan kinerja pasar keuangan global, menekan mata uang dunia termasuk Rupiah," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini