Likuiditas Aman, BI Pastikan Uang yang Beredar Higienis

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 20 2188319 likuiditas-aman-bi-pastikan-uang-yang-beredar-higienis-Sn48yQwKl3.jpeg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTABank Indonesia (BI) memastikan likuidias Rupiah dan valuta asing terjaga. Ketersediaan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga dipastikan aman.

“Kami pastikan peredaran uang di atm cukup kami lakukan persediaan terlebih dahulu,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Aliran Modal Asing Kabur Rp57 Triliun dalam 4 Hari

Perry juga menegaskan, uang yang beredar di masyarakat dalam kondisi higienis. Bank Sentral mengaku telah melakukan upaya untuk memitigasi penyebaran virus corona di masyarakat.

“Uang beredar juga higien, kami mitigasi penyebaran covid-19 sehingga uang yang beredar aman digunakan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: BEI Catat Obligasi dan Sukuk Rp14 Triliun dari 10 Emiten

Kendati demikian, Perry mengimbau masyarakat menggunakan nontunai dalam bertransaksi. Dengan begitu, penyebaran virus corona melalui uang tunai bisa berkurang.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan bahwa uang tunai atau uang kertas dapat berkontribusi pada penyebaran virus korona atau Covid-19.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini