nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Ada Kantor yang Belum Work from Home, Ini Tindakan Pemerintah

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 11:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 26 320 2189191 masih-ada-kantor-yang-belum-work-from-home-ini-tindakan-pemerintah-gphwY9Tq6h.jpg Tenaga Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di rumah atau work from home (WFH). Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Lalu bagaimana kebijakan pemerintah untuk dunia usaha yang masih belum bisa terapkan sistem kerja di rumah?

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyebut, pihaknya ingin teman- teman di dunia usaha untuk mendukung kebijakan pencegahan wabah Covid-19, pemerintah sudah terbitkan surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca Juga: Curhat Buruh Pabrik Garmen yang Masih Masuk Kerja di Tengah Wabah Covid-19

"Kenapa kita milih produk hukum dari Kemnaker? Karena secara aturan Kemnaker punya otoritas untuk pengawasan sekaligus penegakan hukum," ujar dia pada telekonfrensi di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Dia menjelaskan, apabila ada pelanggaran yang dilakukan dunia usaha, maka Kemnaker punya aparat pengawas ketenagakerjaan dan kewenangan.

"Hal teraebut untuk penegakan hukum terhadap teman-teman dari dunia usaha," ungkap dia.

Baca Juga: Work from Home, PNS yang Keluar Rumah Wajib Lapor Atasan

Sebelumnya, sistem bekerja di rumah juga sudah diterapkan beberapa Kementerian dan Lembaga pemerintah seperti Kementerian Keuangan hingga KemenpanRB. Jokowi berharap sistem bekerja di rumah juga bisa diterapkan oleh perusahaan-perusahaan.

“Untuk perusahaan-perusahaan dan pemerintah juga bisa melakukan bekerja dari rumah dan juga beribadah di rumah,” kata Jokowi dalam konferensi video.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini