nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Wapres Ma'ruf Amin untuk Perusahaan yang Belum Terapkan Work from Home

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 320 2189543 pesan-wapres-ma-ruf-amin-untuk-perusahaan-yang-belum-terapkan-work-from-home-MXg4MJXtHc.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menerapkan physical distancing. Di mana untuk menjaga penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Sudah ditegaskan oleh Pak Presiden, bahwa kita tidak akan menerapkan lockdown tetapi physical distancing. Alasannya karena sebenarnya yang penting mencegah penyebaran ini melalui menerapkan disiplin," ujarnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

 Baca juga: Masih Ada Kantor yang Belum Work from Home, Ini Tindakan Pemerintah

Sementara itu, terkait adanya beberapa perusahaan yang masih belum memberlakukan melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home, pemerintah melalui Wapres meminta kepada perusahaan untuk dapat menerapkan kebijakan untuk dapat membantu upaya penanganan terhadap wabah Covid-19 ini.

"Kita meminta perusahaan menerapkan protokol kesehatan, supaya dia bisa memenuhi aturan physical distancing, supaya tidak tertular," kata Wapres.

 Baca juga: Curhat Buruh Pabrik Garmen yang Masih Masuk Kerja di Tengah Wabah Covid-19

"Ada beberapa pekerjaan yang memang bisa dilakukan di rumah. Itu kita menganjurkan supaya pekerjaan itu dikerjakan di rumah, tidak harus datang (ke kantor)," tambah Wapres.

Menurut Wapres bahwa memang ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dilaksanakan dari rumah, pengecualian dengan hal tersebut Wapres meminta kebijaksanaan perusahaan terkait untuk dapat memperkerjakan karyawannya dalam jumlah yang sedikit.

"Karena itu masih bisa diberikan dalam jumlah yang tidak banyak tentunya, dalam jumlah tertentu yang itu memang tidak mungkin dikerjakan di rumah," ungkap Wapres.

Lebih lanjut, tidak diberlakukannya lockdown tidak lantas menghambat upaya pencegahan Covid-19 di Indonesia. Penerapan physical distancing akan berhasil apabila adanya kerja sama seluruh masyarakat untuk mewujudkan upaya bersama ini.

"Maka perlu dilibatkan semua pihak termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama untuk ikut. Dan kita sudah minta daerah untuk melakukan langkah-langkah yang lebih intensif," tambah Wapres.

"Ini bagian dari pada meningkatkan disiplin, penerapan physical distancing," tutup Wapres.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini