Besok, Bandara Baru Yogyakarta Beroperasi Penuh

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 320 2190398 besok-bandara-baru-yogyakarta-beroperasi-penuh-5FQKxjuYv8.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) akan segera mengoperasikan secara penuh Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Kulonprogo pada esok hari. Sebelumnya bandara NYIA ini sudah mulai beroperasi hanya saja masih bersifat terbatas.

Baca Juga: Beroperasi Akhir Maret, Ini Fakta Bandara Internasional Yogyakarta

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dengan beroperasinya bandara NYIA ini seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan dipindahkan. Mengingat saat ini beban Bandara Adisutjipto sudah cukup berat untuk menampung setiap flight.

"Bahwa kita akan segera mengoperasikan secara penuh YIA tanggal 29 Maret 2020, dan direncanakan esok pagi kita udah mulai melaksanakan pengoperasian perdana secara penuh," ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Baca Juga: Boyongan ke Bandara Baru, Pemindahan Penerbangan ke YIA Masuk Finalisasi

Menurut Faik Fahmi, kapasitas dari Bandara Adisutjipto saat ini adalah 1,8 juta penumpang per tahun. Sementara jumlah penumpang yang datang dan dilayani ada sekitar 8,4 juta per tahun.

"Kenapa kita mengembangkan YIA? karena persoalan lack of capacity bandara kita di Adisutjipto punya kapasitas 1,8 juta penumpang per tahun tapi penumpang yang kita layani 8.4 juta sehingga emang tidak ada pilihan lain selain kta pindahin ke bandara yang lebih representatif," katanya.

Nantinya lanjut Faik Fahmi, penerbangan pertama akan dilakukan oleh maskapai Batik Air pada pukul 06.00 WIB. Ada dua rute penerbangan pertama yang dilakukan oleh Batik Air yakni untuk rute Samarinda dan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

"Besok Batik Air untuk jurusan Samarinda jam 6.00. Jam sama ada Batik Air yang tujuan ke Jakarta jam 6 pagi," kata Faik.

Sementara untuk pendaratan pertama akan dilakukan oleh maskapai Lion Air. Maskapai berlogo singa ini akan tiba di Bandara NYIA pada pukul 06.20 WIB

"Jadwal kedatangan pertama ada Lion Air jam 6.20 pagi dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta," kata Faik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini