Pindah ke Kulonprogo, Bandara Adisutjipto Hanya Layani Pesawat Baling-Baling

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 320 2190441 pindah-ke-kulonprogo-bandara-adisutjipto-hanya-layani-pesawat-baling-baling-2rjob6okWj.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Angkasa Pura (Persero) I akan mengoperasikan secara penuh Bandara baru internasional Yogyakarta (New Yogyakarta Internationa Aiprot/NYIA) pada esok hari. Penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan dialihkan menuju bandara yang juga memiliki nama lain Bandara Kulonprogo.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, Bandara Adisutjipto akan tetap melayani penerbangan. Hanya saja, Bandara Adisucipto saat ini hanya melayani penerbangan pesawat baling-baling.

Baca Juga: Bandara Baru Yogyakarta Tampung 20 Juta Penumpang per Tahun

Penerbangan itu meliputi penerbangan komersial maupun non komersial. Selain itu, penerbangan yang dilayani juga bisa meliputi penerbangan doemstik dan juga internasional baik untuk VIP maupun non VIP.

“Bandara di Adisucipto tetap operasikan tapi operasinya menggunakan pesawat baling-baling (jarak dekat),” ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Baca Juga: Imbas Corona, 53 Penerbangan di Bandara Baru Yogyakarta Dibatalkan

Saat ini lanjut Faik Fahmi, ada 11 movement pesawat baling-baling yang dilayani di Bandara Adisutjipto. Adapun rinciannya adalah terdiri dari 8 movement untuk pesawat Wings Air, 2 movement Citilink dan 1 movement maskapai Transnusa.

Ke depan, sudah ada beberapa permintaan penambahan dari maskapai sehingga bandara Adisutjipto ini akan ada 29 pergerakan pesawat setiap harinya. Ditargetkan, ada sekitar 2.000 penumpang setiap hari yang bisa dilayani di Bandara Adisutjipto.

"Kami menerima request penerbanga Wings 1 movement, cCitilink 11 movement, Tranausa 11 movement. Jadi ada 29 pergerakan pesawat menggunakan pesawat baling-baling. Kalau direfleksikan bisa menampung 2.000 penumpang," jelasnya

Meskipun begitu lanjut Faik Fahmi, pihaknya akan membatasi jam operasional dari Bandara Adisutjipto. Nantinya, bandara ini hanya beroperasi dan melayani penerbangan dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 18.00 wib

"Adi Soetjipto tetap kita operasikan penerbangan menggunakan baling-bali. Operasionalnya akan ada perubahan dari jam 5 pagi sampai 6 malam. Komersial berjadwal dan non berjadwal pesawat baling-baling," kata Faik Fahmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini