Kisah Pengoperasian Bandara YIA, Tanpa Seremoni hingga Atur Jarak Penumpang 2 Meter Imbas Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 320 2190482 kisah-pengoperasian-bandara-yia-tanpa-seremoni-hingga-atur-jarak-penumpang-2-meter-imbas-corona-gp5jQYhGjc.jpg Bandara (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) akan segera mengoperasikan secara penuh Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo pada 29 Maret 2020 besok. Pengoperasian secara penuh bandara ini tidak akan digelar upacara atau seremonial seperti biasanya.

Baca Juga: Daerah Siap Lockdown Cegah Corona, Bagaimana Nasib 15 Bandara AP I?

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pengoperasian bandara ini langsung mengikuti protokol mengenai keamanan dan kesehatan dari pemerintah yakni social distancing. Protokol ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kegiatan ini tidak ada kegiatan ceremony. Kita melakukan tindakan semaksimal mungkin untuk penyebaran virus corona," ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Baca Juga: Gara-Gara Virus Corona, 18.300 Penerbangan di 15 Bandara Dibatalkan

Selain itu, dalam Bandara NYIA ini jarak antrean akan diatur sejauh 2 meter. Angka ini lebih jauh dibandingkan standar yang hanya 1 meter saja.

"Selain itu di Bandara NYIA secara khusus kami sudah melakukan upaya menghindarai virus. pertama social distancing. Di bandara 1 meter, kita menerapkan antara penumpang itu 2 meter. Ini sudah kita terapkan," ucapnya.

Selain itu, perseroan juga berusaha agar petugas costumer service tidak bertatap muka secara langsung dengan penumpang. Sebab perseroan menyediakan layanan costumer service secara virtual.

"Kita menetapkan virtual costumer service," kata Faik Fahmi.

Selain itu lanjut Faik Fahmi, dirinya memastikan kebersihan bandara tetap terjaga. Sebab pihaknya menyediakan handsantizer dan juga selalu menyemprotkan cairan disifektan.

"Kita menyediakan sarana kebersihan seperti hand sanitizer dan disinfektan kepada pengunjung yang masuk dan keluar bandara," kata Faik.

Selain kebersihan bandara, para petugas pun akan dilengkapi oleh alat pelindung seperti masker hingga sarung tangan. Dengan apa yang dilakukan oleh perseroan ini bisa mengurangi penyebaran virus corona.

"Kami memastikan seluruh petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri tidak hanya masker tapi kacamata pelindung juga sarung tangan. Sehingga apa yang dilakukan ini bisa mengurangi penyebaran virus yang tengah merebak ini," kata Faik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini