nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Mulai Bisnis Sampingan? Harus Siap dengan Konsekuensi

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 21:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 29 320 2190856 ingin-mulai-bisnis-sampingan-harus-siap-dengan-konsekuensi-zqMXGjnPvi.jpg Trik Hemat (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Perubahan akan terjadi ketika sudah memutuskan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Konsekuensi logis ketika bekerja sampingan adalah soal waktu.

Mengutip dari buku 'Jadi Jutawan Dari Bisnis Sampingan' karya Vicynthia, Setelah melakukan bekerja sampingan, bisa saja pekerjaan kantor menjadi terbengkalai, atau bisa juga sebaliknya. Jika tidak siap dan kebingungan, bisa-bisa keduanya menjadi hancur.

Baca juga: Keunggulan Bisnis Budidaya Ikan Lele, Apa Saja?

Sebaliknya, kemampuan menjalankan kedua pekerjaan dengan baik, akan membawa peningkatan pada usaha yang sedang dijalani. Beberapa pegawai mungkin bekerja dengan perusahaan yang mengharapkan loyalitas kita sepenuhnya. Tidak boleh membagi hati pada yang lain.

Jika dilarang untuk bekerja di luar urusan perusahaan, mungkin memutuskan untuk menjalankan usaha lain secara diam-diam agar tidak kena sanksi. Namun, bersiaplah atas segala konsekuensi yang diberikan perusahaan apabila bisnis lain diketahui oleh perusahaan.

Pilihlah jalan terbaik bila harus memilih antara pekerjaan kantor dan pekerjaan sambilan. Utamakan memakai fasilitas untuk kepentingan kantor, bukan untuk bisnis sampingan.

Baca juga: Gurihnya Bisnis Mi Ayam, Jangan Lupa Lakukan Promosi

Membagi waktu antara pekerjaan kantor dan sambilan pun menjadi penting. Tanpa waktu yang cukup, maka akan kesulitan dalam menjalankan bisnis sampingan. Dan sangat mungkin, nantinya merasa lebih menyukai pekerjaan sambilan daripada kantor.

Setelah bekerja sambilan, bisa saja menjadi terlalu santai dalam pekerjaan kantor karena tanpa sadar merasa sudah ada pengganti atau tambahan sumber pendapatan jika dipecat dari pekerjaan. Sediakan pula waktu libur sehingga bisa menyegarkan kembali pikiran dan tubuh dari berbagai kegiatan yang ada.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini