Presiden Siapkan Protokol Sambut Jutaan WNI dari Luar Negeri

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 320 2191655 presiden-siapkan-protokol-sambut-jutaan-wni-dari-luar-negeri-qU2Y37STRG.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mempersiapkan protokol untuk menyambut kembalinya sejumlah pekerja migran Indonesia dari berbagai negara.

"Arus kembalinya WNI dari beberapa negara, terutama yang dari Malaysia ini betul-betul harus kita cermati karena bisa ratusan ribu bisa jutaan WNI yang akan pulang," jelas Presiden, Selasa (31/3/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut 3.000 TKI dari Malaysia Kembali ke Indonesia Tiap Hari

Presiden telah menerima laporan, ada sekira 3.000 pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang kembali ke Indonesia setiap hari.

"Saya menerima laporan dalam beberapa hari ini. Setiap hari ada kurang lebih 3.000 pekerja migran yang kembali dari Malaysia," jelas dia.

Baca Juga: Covid-19 Meluas, Sektor Jasa hingga Telekomuniasi Butuh Banyak Tenaga Kerja

Tidak hanya itu, kepulangan sejumlah kru, pekerja atau anak buah kapal (ABK) di berbagai kapal bisa mencapai 11.000 orang.

"Selain pekerja migran di Malaysia, kita juga harus mengantisipasi kepulangan dari para kru kapal, pekerja, ABK yang ada di kapal. Perkiraan kita ada kurang lebih 10.000 sampai 11.000 ABK," jelas dia.

Presiden menyatakan prioritas saat ini tidak hanya mengendalikan arus mobilitas orang antar-wilayah di dalam negeri tapi juga harus bisa mengendalikan mobilitas antar negara yang berisiko membawa imported cases.

"Ini perlu disiapkan dan direncanakan tahapan tahapan untuk menscreening mereka," jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini