Share

Syarat Jadi Penerima Kartu Pra-Kerja, Apa Saja?

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 320 2192768 syarat-jadi-penerima-kartu-pra-kerja-apa-saja-OcUFSkoPE3.jpg Foto: Shutterstock

JAKATA - Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan. Selanjutnya, pelaksanaan dan penyesuaian fokus dari Program Kartu Prakerja tersebut akan dipercepat.

Hal ini sebagai salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken Perpres Kartu Prakerja, Cek Aturannya di Sini

Selain itu, tujuannya juga untuk memberi perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo,

Dilansir dari laman Setkab, Kamis (2/4/2020), ada beberapa kriteria agar bisa menjadi penerima program kartu prakerja ini: 

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusia 18 tahun ke atas

3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

4. Terkena dampak langsung dari Covid-19.

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Covid-19 adalah yang berbasis daring (online). Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Kemenko Perekonomian sebagai Ketua Komite Cipta Kerja adalah penanggung jawab program Kartu Prakerja dan Manajemen Pelaksana adalah pelaksana operasional program.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini