nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua OJK: Perppu Memberikan Sentimen Positif

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 05 20 2194513 ketua-ojk-perppu-memberikan-sentimen-positif-Zn4Ux88xQy.jpg ekonomi (Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan upaya pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan sudah tepat. Dikarenakan dengan adanya Perppu ini menjadi sikap kehati-hatian pemerintah terhadap pandemi virus corona atau Covid-19.

"Jadi Perppu ini memberikan sentimen positif apabila kondisi tidak baik. Di mana kita ada ruang agar bisa fleksibel adanya Perppu ini," ujar dia pada telekonfrensi di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

 Baca juga: Ketua OJK: Virus Corona Buat Perekonomian Sulit untuk Bergerak

Dia menjelaskan kehadiran Perppu ini bisa menangkal apabila sewaktu-waktu virus corona ini memberi dampak lebih dalam bagi sektor ekonomi Indonesia. Hal itu seiring di dalam Perppu tersebut dimasukkan berbagai kebijakan atau stimulus untuk memperkuat ketahanan ekonomi domestik.

"Dikeluarkan Perppu 1/2020 sekedar sedia payung sebelum hujan. Dan mudah-mudahan tidak aja hujan, dan tidak perlu kita eksekusi," ungkap dia.

 Baca juga: Virus Corona, Masyarakat Menengah Berpotensi Turun Kelas Jadi Miskin

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan. Di mana, ada penambahan anggaran belanja dan pembiayaan APBN 2020 untuk penanganan Covid-19.

"Pemerintah mengemutuskan total tambahan belanja dan pembiayaan APBN tahun 2020 untuk penanganan covid 19 adalah sebesar Rp405,1 triliun," ujar Jokowi dalam telekonferensi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini