nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala Daerah Diimbau Permudah Perubahan APBDes dan Penyaluran Dana Desa

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 05 320 2194361 kepala-daerah-diimbau-permudah-perubahan-apbdes-dan-penyaluran-dana-desa-fAtQFHX08m.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengimbau para kepala daerah hingga desa untuk membantu melakukan mitigasi ekonomi. Hal ini untuk menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di pedesaan.

Kepala Badan Peneliti dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kemendes PDTT, Eko Sri Haryanto mengatakan, kesiapan desa tersebut memang menggunakan dana desa terutama untuk logistik, padat karya dan lain-lain.

 Baca juga: Kemendes: Relawan Desa Harus Jadi Logistik bagi ODP Virus Corona

"Maka kami mengimbau ke bapak bupati, gubernur dan lain-lain, mohon bisa memberikan fasilitasi bagaimana proses perubahan APBDes yang tidak menyalahi peraturan perundang-undangan," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Dirinya juga meminta agar dapat memberikan fasilitas untuk penyaluran dan pencairan dana desa. Sehingga, relawan desa semakin baik dan lancar dalam melayani masyarakat.

 Baca juga: Program Padat Karya Tunai Desa Jadi Alat Jaring Pengaman Sosial

"Hal ini karena persiapan mereka menggunakan dana desa dan desa menggunakan dana desa untuk padat karya, logistik dan lainnya," ujarnya.

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini