Tol Pakis-Malang Resmi Beroperasi Tanpa Tarif

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 320 2195959 tol-pakis-malang-resmi-beroperasi-tanpa-tarif-UYwBJB2fg9.jpg Jalan Tol. (Foto: Okezone.com)

MALANG - Ruas tol Pakis - Malang yang menjadi bagian jalan tol Pandaan-Malang akhirnya resmi dioperasikan sejak Selasa malam kemarin pukul 21.00 WIB. Pengoperasian di ruas tol seksi 5 tol Pandaan-Malang ini sementara ini dilakukan tanpa tarif alias gratis.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan, pengoperasian tol Pakis-Malang tanpa tarif ini sebagai bentuk sosialisasi terlebih dahulu.

"Pengoperasian ruas Tol Pandaan-Malang seksi 5 Pakis-Malang saat ini diberlakukan tanpa tarif alias gratis, sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Pemerintah. Pengoperasian tanpa tarif ini ditujukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang," terang Agus Purnomo melalui siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Jalan Tol Sepi, Pendapatan BUJT Anjlok Gara-Gara Corona

Meski telah beroperasi gratis, bagu pengguna jalan tol yang masuk dari gerbang tol Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol sampai dengan gerbang tol Pakis.

"Kalau pengguna yang masuk dari Pandaan, Purwodadi, Lawang, hingga Singosari tetap membayar seperti biasa sampai dengan gerbang tol Pakis, begitu sebaliknya. tarif Rp 0 ini berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya," jelasnya kembali.

Agus menambahkan dengan beroperasinya ruas tol Pakis - Malang menjadikan tol Pandaan-Malang resmi terhubung hingga masuk Kota Malang.

Baca juga: Perangi Virus Corona, Menteri Basuki Siapkan Rp1,66 Triliun

"Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan Seksi I sampai III dan dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019. Dengan dioperasikannya kelima Seksi hari ini, maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh," bebernya.

Sebagai informasi tol Pandaan-Malang sepanjang 38,48 kilometer yang dikelola PT Jasamarga Pandaan - Malang, terdiri dari lima seksi ruas tol.

Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km. Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini