5 Perempuan Terkaya, Ada Mantan Istri Jeff Bezos

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 320 2197080 5-perempuan-terkaya-ada-mantan-istri-jeff-bezos-ObPT5TqqRi.png Alice Walton (Foto: Forbes)

JAKARTA - Di tengah gejolak ekonomi, mayoritas harta wanita terkaya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Namun, Alice Walton, bisa melawan tren itu.

Sebagai pewaris Walmart, dia menduduki peringkat pertama wanita terkaya di dunia tahun ini versi Forbes. Tahun lalu dia ada di peringkat kedua.

Kekayaan Alice bernilai sekitar USD54,4 miliar atau naik USD10 miliar dari tahun lalu. Dia bertukar posisi dengan pewaris L'Oréal Francoise Bettencourt Meyers, yang merupakan wanita terkaya kedua dalam daftar 2020. Forbes menggunakan harga saham dan nilai tukar dari 18 Maret 2020 untuk menghitung nilai bersih kekayaan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bikin Harta Orang-Orang Terkaya Sedunia Berkurang USD700 Miliar

Tahun ini, 234 wanita masuk dalam daftar orang terkaya di dunia turun dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 244 orang. Terlepas dari ketidakstabilan ekonomi baru-baru ini, mereka secara kolektif lebih kaya USD29,4 miliar dari tahun lalu.

Berikut adalah lima wanita paling kaya di dunia yang dilansir dari Forbes, Jumat (10/4/2020):

1.Alice Walton

Kekayaan: USD54,4 miliar

Negara: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: Walmart

Alice adalah satu-satunya anak perempuan pendiri Walmart Sam Walton. Dia merebut kembali gelarnya tahun ini sebagai wanita terkaya di dunia, setelah kehilangan posisi puncak dan digantikan pewaris L'Oréal Francoise Bettencourt Meyers pada tahun 2019.

Meskipun ada turbulensi di pasar keuangan baru-baru ini, kekayaan Walton justru meningkat 23% sejak tahun lalu. Alice yang tidak memiliki peran di Walmart, membantu memimpin sebuah program di yayasan keluarga Walton yang akan menerbitkan obligasi senilai USD300 juta untuk membantu sekolah.

2. Francoise Bettencourt Meyers

Kekayaan: USD48,9 miliar

Negara: Prancis

Sumber Kekayaan: L'Oreal

Cucu pendiri L'Oréal Eugène Schueller ini menjadi pewaris L'Oreal pada 2017 setelah ibunya, Liliane Bettencourt, yang saat itu adalah wanita terkaya di dunia meninggal pada usia 94 tahun. Kekayaan Bettencourt Meyers telah menurun USD400 juta dari tahun lalu di tengah pandemi corona.

Saham raksasa kosmetik turun 12% dalam dua minggu pertama bulan Maret. Pada bulan Maret, perusahaan mengumumkan bahwa pabrik-pabriknya akan mulai membuat pembersih tangan untuk mendukung kebutuhan otoritas kesehatan Prancis dan Eropa.

3. Julia Koch

Kekayaan: USD38,2 Miliar

Negara: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: Industri Koch

Koch bergabung dengan jajaran miliarder setelah dia dan ketiga anaknya mewarisi 42% saham di Koch Industries dari suaminya, David, yang meninggal pada Agustus 2019 pada usia 79. Seorang penduduk asli Iowan, Koch pindah ke Kota New York pada 1980-an dan bekerja sebagai asisten perancang busana Adolfo.

4.Mackenzie Bezos

Kekayaan: USD36 MILIAR

Negara: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: Amazon.com

Bezos memulai debutnya di daftar setelah menyelesaikan perceraiannya dengan pendiri Amazon Jeff Bezos pada Juli 2019. Novelis pemenang penghargaan menerima seperempat dari saham mantan suaminya di raksasa e-commerce. MacKenzie menandatangani Giving Pledge, berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya, pada Mei 2019.

5.Mars Jacqueline

Kekayaan: USD24,7 miliar

Negara: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: Permen dan Makanan

Mars dan saudara lelakinya, John, masing-masing mewarisi sepertiga dari perusahaan permen senilai USD35 miliar yang dikenal dengan nama M&M dan Milky Way. Almarhum saudaranya Forrest Jr juga memiliki makanan hewan peliharaan besar dan bisnis perawatan dokter hewan. Jacqueline Mars bekerja untuk perusahaan selama hampir 20 tahun dan bertugas di dewan hingga 2016.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini