Kuota Penumpang Pesawat Dibatasi 50%

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 12 April 2020 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 320 2198017 kuota-penumpang-pesawat-dibatasi-50-wfVg7RGHs5.jpeg Pesawat (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan operasional Bandara akan tetap berjalan selama 24 jam. Meskipun pada beberapa daerah termasuk Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepastian ini didapat setelah pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang telah disetujui pada 9 April 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, seluruh jalur penerbangan di seluruh Indonesia akan tetap dibuka. Hanya saja, para operator bandara dan maskapai harus tetap menjalankan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: YLKI Minta Aturan Pengendalian Transportasi Dikaji Ulang

"Tidak ada bandara yang ditutup, jalur udara Indonesia terbuka 24 jam untuk semua penerbangan," ujarnya dalam teleconfrence, Minggu (12/4/2020).

Menurut Novie, meskipun dibolehkan terbang, tapi pemerintah membatasi jumlah penumpang yang boleh berangkat. Dirinya hanya mengizinkn maskapai membawa 50% dari total kapasitas pesawat untuk mendukung jaga jarak atau physical distancing.

Selain itu, pra kru pesawat juga harus dipastikan kebersihan dan kesehatannya. Pra kru pesawat yang boleh terbang harus dalam kondisi sehat dan akan dilakukan tes secara berkala.

 Baca Juga: PSBB, Tukang Ojek Bisa Angkut Penumpang asal...

Selain itu, kru pesawat juga harus menggunakan masker dan sarung tangan. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona di pesawat.

Sementara bagi para penumpang juga akan dilakukan pengecekan sebelum memasuki pesawat. Para penumpang juga diminta untuk menggunakan masker meskipun dalam kondisi sehat sekalipun.

"Isi maksimal kabin pesawat 50%. Kru pesawat juga harus diperiksa kesehatan," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini