nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Sakit BUMN Siapkan Layanan Drive Thru Tes Virus Corona

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 17:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 15 470 2199712 rumah-sakit-bumn-siapkan-layanan-drive-thru-tes-virus-corona-690NiRCK2l.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) berencana mendesain aplikasi untuk pengujian tes virus corona atau Covid-19 secara drive thru atau pengujian tanpa pasien keluar dari kendaraan.

Hal itu disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga.

Menurutnya, masyarakat nantinya akan mendapat informasi mengenai tempat pengujian tes virus corona atau Covid-19 secara drive thru.

"Kami sedang bikin aplikasi untuk bisa tes swab pakai drive thru. Nantinya pakai janjian di lokasi mana, jam sekian pasien akan datang. Dan akan disiapkan oleh RSPJ," ujar dia, Rabu (15/4/2020).

Baca Juga: Erick Thohir: 2.411 Tempat Tidur RS BUMN Siap Tampung Pasien Virus Corona

Menurut dia, sejumlah rumah sakit pemerintah kini sudah disiagakan untuk menangani pasien Covid-19. Pihaknya juga mendukung pengadaan alat kesehatan di beberapa rumah sakit rujukan seperti RSPJ dan RS Darurat Wisma Atlet.

"Kita ingin apabila pasien sudah kondisi nya berat, di Wisma Atlet dipindahkan ke RSPJ atau RS lain yang sudah mulai agak berat. Tapi yang ringan-ringan di RSPJ akan dipindahkan ke Wisma Atlet," ungkap dia.

Baca Juga: 65 Rumah Sakit BUMN Siap Tangani Virus Korona

Kemudian, lanjut dia, pemerintah saat ini juga terus mendatangkan berbagai alat kesehatan juga obat-obatan untuk menangani peningkatan pasien Covid-19.

"Salah satu obat yang akan didatangkan dari India yakni Oseltamivir. Obat itu untuk Covid-19 sama seperti Cloroquine. Kita ambil untuk bahan baku 500.000 tablet. Kit beli dari India dan yang bikin Biofarma," pungkas dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini