IMF Beberkan 4 'Obat Ekonomi' untuk Jaga Ekonomi Dunia

Minggu 19 April 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 20 2201613 imf-beberkan-4-obat-ekonomi-untuk-jaga-ekonomi-dunia-4gTvFHLeDE.JPG IMF (Reuters)

JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 akan membatasi pertumbuhan ekonomi hampir di seluruh negara. Bahkan dengan adanya karantina dan penjara sosial yang merupakan langkah vital/

Mengutip BBC Indonesia, Jakarta, (19/4/2020), IMF mengatakan langkah-langkah pertahanan sangat penting untuk memperlambat penyebaran virus agar sistem pelayanan kesehatan mampu mengatasi dengan cepat. Lalu memulai melanjutkan kegiatan ekonomi.

 Baca juga: Dampak Covid-19, IMF: Penurunan Ekonomi Dunia 2020 Terburuk Sejak 1930

“Ketidakpastian dan berkurangnya permintaan layanan jasa bisa lebih buruk dalam skenario penyebaran virus yang lebih luas akibat ketiadaan penjarakan sosial," ujar laporan IMF.

Oleh sebab itu, IMF menetapkan empat langkah prioritas atau 'obat ekonomi' untuk menghadapi pandemik Virus Corona. Berikut langkah-langkahnya:

 Baca juga: BI Sebut Kepanikan di Pasar Keuangan Global Mulai Reda

1. Mereka menyerukan kucuran dana lebih besar kepada layanan kesehatan, dan dukungan keuangan untuk pekerja dan pelaku bisnis,

2. Meneruskan dukungan bank sentral dan rencana jelas untuk keluar dari wabah untuk menuju pemulihan ekonomi.

3. IMF juga menyerukan agar negara-negara di dunia bekerja sama untuk menemukan dan mendistribusikan vaksin bagi penyakit ini.

4. IMF menambahkan bahwa banyak negara berkembang membutuhkan keringanan utang dalam beberapa bulan dan tahun ke depan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini