Bagikan Sembako, Mensos Pastikan Kehadiran Negara Dalam Penanganan Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 20 April 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 320 2201865 bagikan-sembako-mensos-pastikan-kehadiran-negara-dalam-penanganan-covid-19-2o523Vv9dE.jpg Mensos Juliari Batubara (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo pada pagi hari ini mulai mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat di DKI Jakarta. Pendistribusian sendiri diwakili oleh Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

Mensos Juliari mengatakan, bantuan paket sembako ini merupakan salah satu langkah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi corona (covid-19) ini. Sebab, ada banyak sekali warga yang terdampak akibat virus Corona ini khususnya para pekerja informal.

 Baca juga: Stok Pangan Dijamin Aman hingga 4 Bulan ke Depan

"Selamat pagi baru saja kita menyaksikan secara simbolis saya mewakili bapak Presiden hari ini kita melakukan distribusi paket sembako ke wilayah DKI Jakarta. Tentunya apa yang kita lakukan pagi hari ini adalah memastikan kehadiran negara dalam penanganan covid-19," ujarnya dalam teleconfrence, Senin (20/4/2020).

Menurut Juliari, paket sembako ini akan didistribusikan kepada 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta yang terdampak corona. Pembagian ini akan dilakukan dalam tiga bulan ke depan untuk meringankan beban warga di tengah pandemi Corona.

 Baca juga: Cair Bulan Ini, Anggaran Kartu Sembako Naik Jadi Rp43,6 Triliun

"Mudah-mudahan hari ini walaupun secara simbolik sudah mulai distribusi ke DKI dan akan terus bergulir sampai tiga bulan ke depan," jelasnya.

Setelah warga DKI, pemerintah juga akan mendistribusikan paket sembako ke daerah lainnya. Salah satu yang terdekat adalah wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk 600 keluarga

"Nanti menyusul di sebagian Kabupaten bogor, Kota Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Nanti menyusul 600.000 keluarga di Bodetabek," kata Juliari.

Dirinya berharap agar penyaluran paket sembako ini bisa terselenggara dengan baik, cepat dan tepat sasaran. Mengingat bantuan ini sangat penting untuk meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Corona.

"Bapak Presiden Jokowi ini memastikan paket sembako ini bisa terselenggara karena kerjasama seluruh pihak. Kementerian Sosial dan seluruhnya seperti PT POS Indonesia dan sua mitra dalam pengerjaan sembako ini. Kami harap dapat tepat sampai di keluarga yang paling membutuhkan,"jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini