Upaya BKPM Kejar Target Investasi di Tengah Pandemi Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 20 April 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 320 2202201 upaya-bkpm-kejar-target-investasi-di-tengah-pandemi-corona-iLJOrkVTlI.jpg Target Investasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan beberapa strategi untuk menarik investasi di tengah pandemi corona (Covid-19). Target investasi sebesar Rp886,1 triliun.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, ada beberapa startegi yang disiapkan untuk menggenjot investasi. Misalnya adalah dengan melakukan percepatan proses administrasi kepada para calon investor.

Sinkronisasi izin dan data dengan pemerintah daerah juga akan terus dilakukan. Menurut Bahlil, dengan cara menyingkronkan data perizinan maka tidak akan ada izin yang bentrok dan dipastikan bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Kepala BKPM Blakblakan Sulit Kejar Target Investasi

Sebenarnya, pemerintah sendiri sudah memangkas izin yang menghambat investasi. Selain itu pemerintah juga menyiapkan sistem perizinan satu pintu atau yang biasa disebut Online Single Submission (OSS).

"Pertama BKPM beserta tim dan tim DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten Kota kerjasama" ujarnya dalam teleconfrence, Senin (20/4/2020).

Selain itu, pemerintah juga memperbolehkan pengerjaan proyek investasi untuk berjalan. Namun dalam proses pengerjaannya harus sesuai dengan protokol kesehatan nasional dari mulai jaga jarak hingga memakai masker.

"Kami bantu endorse agar bisa tetap jalan. Bidang tertentu pertambangan, perkebunan infrastruktur juga tetap akan jalan dengan perhatikan SOP tentang PSBB dan menggunakan masker," jelasnya.

Menurut Bahlil, ada beberapa bidang yang banyak diminati oleh investor. Beberapa contohnya adalah pertambangan, perkebunan hingga infrastruktur.

"Bidang tertentu tetap akan diminati tetap jalan dengan perhatikan SOP tentang PSBB tetap memakai masker," ucapnya. Upaya BKPM Kejar Target Investasi di Tengah Pandemi Corona

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini