Selain Covid-19, Menko Luhut: RI Juga Urus Limbah Plastik

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 320 2203077 selain-covid-19-menko-luhut-ri-juga-urus-limbah-plastik-ykx8ZyXvBN.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Meski tengah menghadapi pandemi COVID-19 atau virus corona, Pemerintah Indonesia menegaskan tidak melupakan kebijakan-kebijakan lainnya, salah satunya mengenai penanganan limbah plastik.

“Indonesia berkomitmen penuh untuk mengimplementasikan program pembangunan berkelanjutan dan untuk memerangi limbah plastik dan sudah menjadi salah satu agenda prioritas nasional kami,” kata Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (22/04/2020).

Menko Luhut menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah strategis dengan menetapkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, serta Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut, yang di dalamnya memuat Rencana Aksi Penanganan Sampah Plastik di Laut Tahun 2018-2025.

Menurutnya, upaya pengurangan sampah plastik di laut ini harus dilakukan secara terintegrasi dalam lingkup nasional, regional, dan global, terutama melalui pengurangan sampah yang berasal dari aktifitas di darat.

"Saya bangga mengumumkan bahwa Indonesia memilih bukan apa yang mudah, tetapi apa yang benar. Daripada bertahan dengan pendekatan business as usual. kami akan menerapkan pendekatan perubahan sistem penuh untuk memerangi limbah plastik dan polusi,” tegasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini