Kemenhub Dirikan Titik Check Point di Perbatasan Jabodetabek Pantau Pelarangan Mudik

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 320 2203922 kemenhub-dirikan-titik-check-point-di-perbatasan-jabodetabek-pantau-pelarangan-mudik-PDJIzOMASl.jpg Penjagaan PSBB (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seluruh kendaraan pribadi maupun transprotasi umum dilarang untuk keluar dari wilayah Jabodetabek menyusul adannya pelarangan mudik. Bahkan, petugas kepolisan hingga TNI (Tentara Negara Indonesia) sudah mulai berjaga pada beberapa titik check point yang sudah dibangun pada hari ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, adapun titik-titik check poin yang sudah didirikan oleh petugas yang ada di lapangan meliputi Kilometer 31 pada jalan tol Jakarta-Cikampek. Sementara untuk arah Jakarta, nantinya titik check poin akan berada dibelokan yang akan menuju Karawang.

 Baca juga: Pelarangan Mudik, Pintu Keluar Jabodetabek Mulai Dijaga Polisi hingga TNI

"Check point di KM 31 memudahkan kendaraan dari Jakarta bisa dibelokkan, ke timur perbatasan Bekasi dengan Karawang pas di perbatasan ada pos di situ," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (23/4/2020).

Sementara untuk checkpoint menuju arah Bogor terdapat di wilayah Puncak, Pasir Bogor Cianjur. Sementara untuk arah sebaliknya, terdapat pos check poin di wilayah Cigombong.

"Ke Bogor ada Check poin di Puncak, Pasir Bogor-Cianjur. Sedangkanya yang Sukabumi di Cigombong," kata Budi.

 Baca juga: Mudik Dilarang, Refund Tiket Kereta Wajib 100%

Kemudian untuk rute menuju Pelabuhan Merak, nantinya akan ada check point di Jalan Tol Jakarta Merak yakni di Bitung, Kabupaten Tangerang. Check poin ini tersedia di jalur A maupun jalur B pada jalan tol tersebut.

"Ke arah Banten itu di untuk yang jalur A di Bitung, B di Bitung juga jadi dua tempat berdekatan. Itu nanti malam akan disiapkan pos jaga dibantu PT Jasa Marga (Persero)," jelasnya.

Menurut Budi, diantara semua titik check poin yang ada, kawasan perbatasan Karawang menjadi yang paling rumit. Pasalnya, titik ini berbatasan dengan aktivitas pekerja pabrik yang mobilitasnya keluar masuk kawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yaitu Kabupaten Bekasi, sedangkan Karawang tak berlaku PSBB.

"Kalau pergerakan Bekasi Karawang untuk pegawai kepolisian akan tentukan di lapangan," kata Budi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini