Kemenhub Pastikan Kelancaran Pasokan Logistik dengan Transportasi Laut

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2205979 kemenhub-pastikan-kelancaran-pasokan-logistik-dengan-transportasi-laut-uiqbQvE4d7.jpg Angkutan Logistik Harus Terjamin Kelancaran Distribusinya di Tengah Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengingatkan pentingnya pelayanan keselamatan pelayaran di tegah-tengah pandemi wabah Corona (Covid-19) juga menekankan pentingnya menjaga pasokan logistik lewat jalur laut agar tetap berjalan normal.

“Meskipun kita dalam kondisi yang cukup sulit karena pandemi wabah corona tetapi kita harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran serta menjaga terjaminnya kelancaran pasokan logistik di seluruh wilayah tanah air,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo, dalam keterangannya, Selasa (28/4/2020).

Hal penting ini pun disampaikan saat dirinya melakukan pemantauan langsung ke beberapa pelabuhan di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) yakni Pelabuhan Batang, Pelabuhan Tegal, Pelabuhan Cirebon dan Pelabuhan Patimban.

Baca Juga: Larang Mudik, Kemenhub Pantau Pelabuhan Batang hingga Patimban

Sementara terkait dengan kegiatan operasional pelabuhan Dirjen Agus berpesan agar pelabuhan tetap beroperasi seperti bisa dengan tetap menerapkan SOP Pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti di Pelabuhan Batang, dirinya berpesan agar tetap menindaklanjuti penerbitan Pas Kecil bagi kapal tradisional di wilayah kerja Pelabuhan Batang dan meminta berkoordinasi dengan dinas terkait serta memaksimalkan potensi SDM UPP Batang yang berkompeten untuk memproses Penerbitan Pas kecil dengan cara jemput bola dan mendirikan gerai pelayanan di wilayah kerja yg dituju.

“Selain itu saya berpesan agar setiap pelabuhan tetap memberikan pelayanan terbaik khususnya bagi kapal-kapal yang mengangkut bahan pokok dan logistik lainnya, sehingga pasokan logistik melalui transportasi laut tetap terjamin dengan baik dan lancar,” kata Agus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon WIsmantono mengatakan bahwa guna mendukung pencegahan penyebaran pandemi corona atau covid-19 di Pelabuhan pihaknya telah melakukan berbagai langkah-langkah antara lain menutup pintu masuk pelabuhan dari 3 menjadi 1 pintu utk memudahkan pengawasan, mengecek suhu tubuh tiap orang yg masuk pelabuhan, mewajibkan seluruh orang yg masuk pelabuhan menggunakan masker.

“Kita juga menyusun SOP pencegahan dan penaggulangan penyebaran covid-19 serta melakukan penyemprotan disinfektan secara periodik 2 minggu sekali di wilayah pelabuhan dan sekitar pelabuhan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini