Mudik Dilarang, Traffic Penguna Tol di Cikarang Utama ke Semarang Turun

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2205983 mudik-dilarang-traffic-penguna-tol-di-cikarang-utama-ke-semarang-turun-4qaA3BnRaB.jpg Penurunan Penguna Jalan Tol di Jakarta-Cikampek. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memonitor penurunan traffic pengguna jalan tol di ruas-ruas wilayah. Hal ini seiring diberlakukannya pelarangan mudik Lebaran tahun ini.

Mengutip data Kementerian PUPR, Selasa (28/4/2020), untuk ruas-ruas tol antar wilayah, penurunan angka traffic lebih tinggi karena pembatasan pergerakan terutama mudik Lebaran. Sebagai ilustrasi untuk ruas Cikarang Utama ke Kalikangkung (Semarang) penurunan berkisar 60 hingga 70%, sedangkan pada ruas Bakauheuni - Bandar Lampung penurunan hingga akhir April berkisar antara 70 hingga 80%.

Langkah pencegahan Covid-19 di jalan tol juga dilakukan Kementerian PUPR dengan diterbitkan Surat Edaran Menteri PUPR 07/SE/M/2020 tentang penerapan physical distancing di 25 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area. Penerapan standar social distancing salah satunya melalui pembatasan jumlah kendaraan masuk ke TIP/rest area hingga 50% dari kapasitas tampung.

Baca Juga: Selama PSBB, Traffic di Jalan Tol Turun hingga 60%

Selain membatasi kendaraan, seluruh petugas layanan tol yang bertugas harus memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19, antara lain menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dan melakukan sosialisasi melalui VMS, brosur, poster, dan sosial media.

Kementerian PUPR telah mendistribusikan bantuan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan kacamata safety yang digunakan untuk petugas layanan tol dalam melayani pengguna jalan serta desinfektasi dan fasilitas cuci tangan di rest area. Disiapkan juga fasilitas ambulance siaga bekerja sama dengan Rumah Sakit, dan penyemprotan desinfektan pada lokasi dengan suspect corona sesuai protokol kesehatan di jalan tol.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini