Menkop Prediksi Stay at Home Economy Jadi Tren di Masa Depan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2206203 menkop-prediksi-stay-at-home-economy-jadi-tren-di-masa-depan-9gQ6UL2H8Q.jpg Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menilai pandemi virus corona membuat tren ekonomi menjadi digitalisasi. Pola ini pun diprediksi akan akan menjadi tren di masa mendatang.

"Ramadhan di tengah pandemi tentu berbeda dengan Ramadhan tahun lalu. Masyarakat alami perubahan pola konsumsi yang awalnya offline jadi online. Bahkan stay at home economu akan jadi tren di masa mendatang," tuturnya, dalam telekonferensi, Selasa (28/4/2020).

Perubahan pola stay at home economy ini bisa dilihat dari riset yang disampaikan Nielsen. Di mana aktivitas di rumah dalam hal ini memasak meningkat selama masa pandemi virus corona.

Baca Juga: Terdampak Virus Corona, Banyak UMKM Masuk Kategori Miskin Baru

"Survei Nielsen 49% masyarakat lebih sering memasak di rumah. Jadi terhadap produk-produk siap olah seperti frozen itu banyak yang dibeli dan dimasak di rumah," ujarnya.

Di sisi lain, Teten mengakui bahwa banyak UMKM utamanya sektor mikro dan ultramikro yang terdampak pandemi ini. Bahkan mereka sudah tidak lagi bisa meneruskan usahanya.

"Memang sudah ada yang tidak berusaha kebanyakan ultramikro yang pendapatan harian. Ini tidak bisa diselesaikan dengan mekanisme ekonomi. Pak Presiden juga minta untuk dapat bansos karena mereka sebagai orang miskin baru," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini