Tambah Pasokan Beras, Jokowi Minta BUMN Buka Sawah Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 320 2206497 tambah-pasokan-beras-jokowi-minta-bumn-buka-sawah-baru-6wMGfvRx7z.jpg Petani (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pasokan pangan terus tersedia. Bahkan, sehabis panen raya pun harus mulai gerak cepat untuk pasokan bahan pokok.

Dirinya meminta agar ada perhitungan akan pasokan pangan untuk menghadapi kemungkinan buruk lainnya seperti kemarau panjang. Apalagi di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 ini.

 Baca juga: Jokowi Minta BUMN dan Kementan Buka Lahan Baru untuk Tanam Beras

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta BUMN, Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah untuk membuka lahan-lahan baru. Hal ini diperuntukan untuk persawahan.

"Yaitu lahan basah ataupun lahan gambut yang di Kalimantan Tengah ada diperkirakan lebih dari 900.000 ha," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Selasa (28/4/2020) kemarin.

 Baca juga: Ada Wabah Corona, Produk Pertanian Justru Laku Keras

Menurutnya, sudah disiapkan sekira 300.000 ha serta yang sudah dikuasai BUMN 200.000 ha. Nantinya akan direncanakan dapat ditanamkan padi.

"Walaupun mungkin yieldnya lebih rendah daripada daerah lain, namun kita perlu antisipasi kekeringan yang akan melanda di beberapa negara dan di Indonesia," ujarnya.

Walaupun, lanjutnya, BMKG melaporkan tidak ada cuaca ekstrem kering dalam waktu dekat ini. Namun, Pemerintah memonitor antisipasi tantangan-tantangan di semester II.

"Nanti adakah tantangan alam apakah itu bentuk kekeringan atau hama 5 tahunan," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini