Penerbangan Domestik Dilarang, Kursi Penumpang Garuda Ditempati Barang

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 320 2206648 penerbangan-domestik-dilarang-kursi-penumpang-garuda-ditempati-barang-I38kEJBaan.jpg Bangku Pesawat Garuda Diisi Barang. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengoptimalkan kargo udara, karena adanya pelarangan penerbangan domestik utamanya dari wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau dari zona merah Covid-19. Kini bangku penumpang di pesawat Garuda pun diganti dengan barang-barang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perseroan telah mendapatkan persetujuan menggunakan pesawat komersil untuk mengangkut barang. Kursi-kursi penumpang diizinkan diganti dengan barang.

Baca Juga: Direksi dan Komisaris Garuda Tetap Dapat THR?

"Kami berhasil mendapat persetujuan untuk memperbolehkan kargo diletakan di atas bangku penumpang pesawat. Dengan asumsi dasar setiap kursi tiga diletakan beban 210 kilogram. Di mana asumsi yang tadsinya satu kursi untuk orang berat badannya 75 kg, sehingga maksimal barang yang ditaruh kurang lebih 210 kg," tuturnya, dalam rapat virtual dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Selain itu, dalam memaksimalkan pelayanan pada kargo, perseroan menambah jumlah rute baru untuk angkutan kargo.

"Pada saat ini merubah rute komersil untuk rute kargo. Seperti hari ini kita terbangkan 26 pesawat khusus kargo. Jadi kita ubah bisnis model," ujarnya.

Selain itu, Garuda juga menawarkan pesawatnya untuk di carter. Seperti dengan Kudataan Besar Brasil disewa untuk angkut warganya pulang ke Sao Paolo.

"Kedubes Brasil carter keluar dari Indonesia, Thailand dan Hanoi untuk kembali ke Brasil. Kita juga sedang diskusi dengan Kedubes kolombia, juga untuk bawa warganya keluar dari Indonesia," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini