Cetak Uang Rp4.000 Triliun Bisa Selamatkan Ekonomi RI?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 03 Mei 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 20 2208263 cetak-uang-rp4-000-triliun-bisa-selamatkan-ekonomi-ri-zNvOEReYHu.jpg Usul Cetak Uang untuk Selamatkan Ekonomi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia diusulkan untuk mencetak uang tunai guna menyelamatkan ekonomi di tengah pandemi virus corona. Nantinya uang tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi stimulus, tapi juga untuk restrukturisasi penyelamatan sector riil dan UMKM.

"Kebijakan pencetakan uang tersebut tidak akan menimbulkan inflasi karena uang yang disalurkan ke masyarakat. Hanya untuk menjamin kebutuhan dasar, bukan untuk meningkatkan gaya hidup," ujar Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Di sisi lain, Gita mengapresiasi langkah pemerintah untuk penyelamatan ekonomi yang terdampak Covid-19, meski stimulus yang diberikan masih kurang. berpendapat, harus ada kebijakan tidak biasa yang harus diambil pemerintah, yakni pencetakan uang.

"Meski diakui bertentangan dengan apa yang diajarkan selama ini, kebijakan pencetakan uang dianggap sebagai satu satunya alternatif untuk mencapai likuiditas yang dibutuhkan negara," ujarnya.

Baca Selengkapnya: Gita Wirjawan Usul BI Cetak Uang Rp4.000 Triliun Demi Selamatkan Ekonomi RI

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini