Cara Pemilik Toko Komik Bertahan Hidup di Tengah Covid-19

Minggu 03 Mei 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 320 2208550 cara-pemilik-toko-komik-bertahan-hidup-di-tengah-covid-19-AARSA61lJi.jpg Toko Komik (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah Christina Blanch, pemilik toko komik, Aw Yeah Comics. Ia memilih menjadi pembawa acara TV malam.

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Minggu (3/5/2020), sembilan kali seminggu, Blanch menyiarkan streaming langsung dari toko komiknya yang ia tinggali di Muncie, Indiana. Di mana, tempat tersebut untuk menjual beberapa komik dan berinteraksi dengan pelanggan tetap.

 Baca juga: WFH di Tengah Covid-19 Buat Keuntungan Pebisnis Frozen Food Moncer

Dari siaran streamingnya, Blanch mengangkat cerita satu per satu, biasanya seharga USd5 atau USD10, dan mencatat alamat pembelinya. Ini cara untuk bertahan selama pandemi, tetapi juga menjaga semangat komunitas toko tetap hidup.

Acara ini memiliki rasa kehangatan, dan perasaan bahwa kita saling memiliki-satu-sama lain karena berkat dari Tuhan. Ia memberi judul acaranya itu: “Apa yang Kita Lakukan di Toko Komik”.

 Baca juga: Berdagang ala Nabi Muhammad SAW, Kenali Sifat yang Mengundang Pembeli

Krisis akibat pandemi, yang juga dirasakan oleh toko-toko eceran lainnya, merupakan ancaman khusus terhadap toko buku komik, sebagai sebuah lembaga yang ikut mempromosikan budaya populer. Dewasa ini, pemilik toko komik berusaha untuk tetap bertahan dalam era hiburan digital dan tidak menyerah kepada pemodal besar (perusahaan).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini