Menhub Tegaskan Pejabat yang Pulang Kampung Tak Boleh Bawa Keluarga

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 320 2210023 menhub-tegaskan-pejabat-yang-pulang-kampung-tak-boleh-bawa-keluarga-9ZSOZzevmO.jpg Menhub (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pejabat yang berpergian ke kampung halaman untuk tidak membawa keluarga. Sebab, sifat dari kunjungna tersebut adalah untuk kepentingan pekerjaan bukan untuk urusan keluarga.

Sebagai salah satu contohnya adalah ketika dirinya ingin berkunjung ke Palembang untuk melihat moda transportasi Laju Raya Terpadu (LRT) maka tidak diperbolehkan membawa anak istri. Sebab, anak istrinya tidak ada urusan dan kepentingan dengan proyek tersebut.

"Kalau kita pulang sama keluarga enggak boleh. Saya pergi saya lihat LRT enggak ada kepentingan istri dan anak saya, kepentingan saya," ujarnya dalam rapat virtual dengan Komisi V DPR, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Baca Juga: Menhub Bolehkan Pulang Kampung, Anggota DPR Usul Bawa Keluarga

Selain itu lanjut Budi, masyarakat atau pejabat yang ingin berpergian ke luar negeri harus menyertakan surat tugas dari pimpinan atau atasan masing-masing. Sehingga tidak ada penyalahgunaan yang dilakukan oleh pejabat dan masyarakat bersangkutan.

"Harus ada surat dari pimpinan dan seyogyanya tidak dengan keluarga karena ini tugas. Jangan pulang kampung jangan mudik, jangan menginterprentasikan dengan mudik," jelasnya.

Baca Juga: Menhub Perbolehkan Pejabat Mudik, tapi untuk Urusan Pekerjaan

Sebelumnya, Anggota Komisi V Fraksi Partai Nasdem Tamanuri sempat mempertanyakan apakah dalam kunjungan ke luar kota boleh membawa keluarga. Sebab, biasannya ketika sedang kunjunga keluarganya selalu meminta untuk ikut.

"Ini apakah Anggota bisa membawa keluarga. Kadang-kadang anggota ini kalau mau dinas keluarganya mau ikut. Kalau bisa ya," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini