Share

Berdagang ala Rasulullah, Ternyata Orang Seperti Ini Dilarang Jadi Rekan Bisnis

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 320 2210420 berdagang-ala-rasulullah-ternyata-orang-seperti-ini-dilarang-jadi-rekan-bisnis-QAiabJlr2f.jpg Berdagang ala Nabi Muhammad SAW (Foto: Ist)

JAKARTA - Kemampuan Nabi Muhammad SAW dalam membangun jaring dagangnya yang kokoh patut diteladani. Salah satunya tidak sembarangan memilih rekan bisnis.

Dalam menjalankan bisnisnya, Rasulullah selalu berpegang teguh dari apa yang ditetapkan Allah SWT. Salah satunya dalam memilih rekan bisnis untuk berdagang.

Baca Juga: Berdagang ala Nabi Muhammad SAW, Kenali Sifat yang Mengundang Pembeli

Allah SWT melarang untuk berbisnis langsung dengan orang yang lemah akalnya. Dalam surat Al Baqarah ayat 282: Jika yang berutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah keadannya atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur.

Business Strategi dan Ethics, Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW oleh M.Suyanto, Jumat (8/4/2020), Allah juga melarang untuk berbisnis langsung dengan orang yang belum sempurna akalnya. Dalam surat An Nissa ayat 5-6: Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (membelanjakannya) sebelum mereka dewasa. Barang siapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah ia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa yang miskin, maka bolehlah ia makan harta itu menurut yang patut. Kemudian apabila kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi (tentang penyerahan itu) bagi mereka. Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu).

Baca Juga: 4 Prinsip Berdagang Nabi Muhammad SAW

Jejak Bisnis

(dni)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini