Kepala Bappenas: Ekonomi China Akan Pulih Lebih Dulu

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 20 2212852 kepala-bappenas-ekonomi-china-akan-pulih-lebih-dulu-YI7Mt9VCmV.jpg Bendera China (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) atau Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa mengatakan, China akan mengambil start lebih dahulu untuk melakukan perbaikan pada ekonominya. Mengingat China menjadi salah satu negara yang paling cepat menangani virus corona.

Menurut Suharso, ekonomi China akan mengalami perbaikan mulai triwulan III-2020. Sementara negara-negara lain justru relatif lebih lambat mengingat hingga saat ini masih belum bisa lepas dari bayang-bayang virus corona.

Baca juga: Menperin Sebut Banyak Negara Perang Dagang Alat Kesehatan Akibat Corona

Asal tahu saja, akibat virus corona, ekonomi China sangat terpukul. Pada kuartal I-2020 saja, ekonomi China minus 6,8% atau menjadi yang terburuk sejak 1976 lalu.

Sementara itu, untuk Indonesia ekonomi masih tumbuh sekitar 2,97%. Namun, angka ini di bawah dari prediksi para ekonom dan juga pemerintah itu sendiri yang diperkirakan ekonomi di kuartal I-2020 bisa tumbuh dikisaran 4%

 

Baca juga: Soal Perang Tarif dengan AS, China Ngadu ke WTO

"Diramalkan bahwa Cina mungkin akan mengalami recovery lebih cepat di kuartal-III 2020. Karena berhasil melakukan virus containment dengan baik. sementara negara lain lebih lambat," ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (12/5/2020).

Oleh karena itu lanjut Suharso, pemerintah akan fokus dalam penanganan virus corona sambil menjaga agar ekonomi bisa tetap tumbuh. Berbagai kebijakan pun diambil misalnya adalah larangan mudik dan juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurutnya, dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan bisa menekan angka penyebaran virus corona hingga ke daerah-daerah. Sehingga ketiak virus corona sudah benar-benar hilang, maka pemerintah bisa kembali fokus dalam menggenjot perekonomian nasional.

"Maka apa yang kita alami dengan pandemi ini seperti jadi wakeup call untuk kita semua," ucapnya.

Pandemi ini juga menjadi pengingat bagi pemerintah untuk berbenah diri ke depannya agar bisa lebih siap lagi khususnya di sektor kesehatan. Sebab menurutnya,fasilitas kesehatan khususnya yang ada di pedesaan masih dirasa kurang.

"Karena itu, tema kita pada RKP 2021 adalah salah satunya melakukan reformasi sosial, yakni di bidang kesehatan," kata Suharso.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini