Mau Naik Kereta Keluar Kota? Ini Surat yang Wajib Dibawa

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 320 2212771 mau-naik-kereta-keluar-kota-ini-surat-yang-wajib-dibawa-60QtAaIPui.jpg KAI Operasikan Kembali Jadwal Kereta Api. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota selama implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus membawa persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19. Salah satu syarat agar bisa pergi adalah memiliki surat izin dari Satgas Covid-19.

Untuk bisa mendapatkan surat tersebut, masyarakat yang akan pergi menggunakan kereta api bisa melapor lebih dulu ke Posko Gugus Tugas Covid-19 yang tersedia di stasiun. Di sana masyarakat akan diverifikasi apakah layak untuk pergi atau tidak.

Mengutip keterangan Kereta Api Indonesia, Selasa (12/5/2020), calon penumpang harus melengkapi persyaratan di antaranya menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19, surat tugas dari perusahaan.

Baca Juga: KAI Jual 50% Tempat Duduk Kereta

Lalu, wajib membawa KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah, serta dokumen pendukung lainnya sesuai peraturan (Persyaratan Lengkap Terlampir).

Jika sudah lengkap, calon penumpang ke Posko Gugus Tugas Covid-19 yang tersedia di stasiun penjualan tiket untuk menyerahkan berkas. Setalah diverifikasi, calon penumpang akan mendapatkan Surat Izin dari Satgas Covid19 dua rangkap.

Baca Juga: Harga Tiket Kereta Paling Murah Rp400.000, Termahal Rp750.000

Lembar pertama diberikan ke petugas loket saat akan membeli tiket dan lembar kedua ditunjukkan kepada petugas pada saat boarding. Surat Izin tersebut berlaku hanya untuk satu kali perjalanan.

Setiap penumpang yang akan menggunakan KLB tersebut diharuskan untuk menggunakan masker, bersuhu tubuh di bawah 38 derajat Celsius, membawa tiket, identitas asli, serta Surat Izin dari Satgas Covid-19.

Penumpang yang akan berangkat namun tidak memenuhi persyaratan tersebut, dilarang naik kereta api dan tiket akan dikembalikan 100%

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini