Share

Stimulus Pariwisata, Sri Mulyani Sebar Voucher Makan Rp25 Triliun untuk Kelas Menengah

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 320 2213517 stimulus-pariwisata-sri-mulyani-sebar-voucher-makan-rp25-triliun-untuk-kelas-menengah-gZ7CGorDLu.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana memberikan stimulus konsumsi untuk kelas menengah ke atas. Stimulus itu diberikan pada sektor pariwisata yang paling lambat pada kuartal III 2020.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu menyebut liburan atau berwisata menjadi hal yang ditunggu masyarakat berpenghasilan menengah ke atas, setelah pandemi virus corona atau Covid-19 berakhir.

"Bentuk stimulus itu nantinya dalam bentuk diskon tiket pesawat ke destinasi wisata serta insentif pajak hotel atau restoran yang sebelumnya menjadi stimulus tahap I dengan alokasi anggaran Rp3,8 triliun," ujar dia pada telekonferensi, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga: THR Dicicil, Buruh Bisa Punya Andil

Dia menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk stimulus tersebut mencapai Rp25 triliun. Dirinya pun berharap stimulus ini mampu memperkuat aggregate demand dengan dukungan sektor pariwisata dan voucher makanan secara online.

"Kami juga berharap konsumsi masyarakat bisa membaik pada kuartal III. Dan konsumsi yang ditargetkan membaik pada kuartal III yakni barang elektronik, pakaian, restoran, hotel, pariwisata, dan transportasi," ungkap dia.

Baca Juga: THR Bisa Dicicil, Ini 3 Catatan dari Pengusaha

Pihaknya juga meyakini, pada kuartal ke III, ketika ekonomi sudah mulai bergerak, banyak masyarakat yang ingin melakukan kegiatan dan bepergian.

"Sektor-sektor pariwisata serta perhotelan menjadi sasaran banyak orang," tandas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini