Share

Mal di Jakarta Bakal Dibuka 8 Juni, Pengusaha: Kami Ikut Saja

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 320 2215677 mal-di-jakarta-bakal-dibuka-8-juni-pengusaha-kami-ikut-saja-gpR3lMCGbs.jpg Mal Kembali Dibuka (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menggaungkan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi virus corona atau Covid-19. Berbagai desain pemulihan ekonomi sudah dipaparkan, namun hal tersebut belum resmi.

Salah satunya dengan dibukanya mal atau pusat perbelanjaan pada 8 Juni 2020. Hal ini tertuang dalam Road Map Ekonomi Kesehatan keluar Covid 19 oleh Ekonom Raden Pardede.

Pembukaan mal pada 8 Juni 2020 juga tergambar dalam desain yang disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat pertemuan dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada 6 Mei 2020.

Pemulihan ekonomi akan dilakukan Indonesia secara bertahap dengan tmeline yang ditentukan. Dalam lima tahapan ini tetap ada syarat perlu dan protokol perilaku baru dan fasilitas kesehatan tetap berlaku.

Baca Juga: Bocor, Ini Skenario Pembukaan Kegiatan Industri dan Bisnis di Tengah Covid-19

Menanggapi hal ini, Dewan Penasehat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Tutum Rahanta akan mengikuti arahan jika memang mal akan dibuka pada 8 Juni 2020.

"Kalau kami sebagai penyewa ngikut aja," kata Tutum kepada Okezone, Jakarta, Senin (18/5/2020).

Sementara itu, Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Sarman Simanjorang mengatakan saat ini stamina dunia usaha sudah loyo, maka itu ingin segera beraktivitas seperti biasa.

Terlebih menurut dia, sektor usaha yang sudah lebih awal kena imbas pandemi virus corona atau Covid-19. Seperti, hotel, restoran, cafe, catering, pusat hiburan, travel, event organizer dan lain-lain.

"Kalau ditanya kesiapan tentu sangat siap namun apakah pemerintah sudah dapat menjamin bahwa penyebaran Covid-19 ini perlahan semakin menurun sehingga masyarakat selaku konsumen tidak takut keluar rumah," ujar dia kepada Okezone.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini