nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mark Zuckerberg: Karyawan Facebook Bisa Bekerja Work From Home Selamanya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 11:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2217916 mark-zuckerberg-karyawan-facebook-bisa-bekerja-work-from-home-selamanya-WSysjF4xJH.jpg Mark Zuckerberg (Foto: AFP)

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, sebanyak 50% karyawan Facebook dapat bekerja dari rumah dalam lima hingga 10 tahun mendatang.

Zuckerberg menjelaskan, ini masih menjadi proyeksi Facebook, bukan target. Langkah Facebook ini menunjukkan bahwa perusahaan media sosial terbesar di dunia mendukung work from home (WFH) sejak terjadinya pandemi Covid-19.

Zuckerberg menyuarakan gagasan itu sebagai solusi pemenuhan keinginan karyawan dan juga sebagai upaya untuk menciptakan kemakmuran ekonomi yang lebih luas. Pernyataan itu muncul kurang dari dua minggu setelah saingannya Twitter mengatakan akan membiarkan sebagian karyawannya bekerja dari rumah selamanya.

 Facebook

"Ketika Anda membatasi mempekerjakan orang yang tinggal di sejumlah daerah kecil di kota besar, atau hanya mempekerjakan orang yang bersedia pindah ke kota tempat perusahaan Anda berada, maka itu memotong akses pekerjaan bagi banyak orang yang tinggal di komunitas yang berbeda, memiliki latar belakang berbeda, memiliki perspektif berbeda," kata Zuckerberg.

 Baca juga: Facebook Akuisisi Giphy di Tengah Isu Antimonopoli

Seperti dikutip dari laman CNN Business, pada Jumat (22/5/2020), Zuckerberg mengatakan, Facebook ingin meningkatkan perekrutan jarak jauh dari waktu ke waktu.

Perusahaan akan memulainya dengan fokus pada perekrutan untuk posisi teknisi senior. Sedangkan perekrutan level pemula tidak akan memenuhi syarat untuk perekrutan jarak jauh.

Secara geografis, Facebook akan mulai dengan area yang dekat dengan kantornya yang sudah ada, termasuk Portland, San Diego, Philadelphia, dan Pittsburgh.

 Baca juga: CEO Dropbox Direkrut Jadi Dewan Direksi Facebook, Berapa Kekayaannya?

Prioritas kedua adalah merekrut karyawan di mana Facebook saat ini kurang berada, dimulai dengan Atlanta, Dallas, dan Denver. Kompensasi di area ini bisa lebih rendah daripada di Bay Area.

Facebook juga berupaya mendukung karyawan yang ada work from home secara permanen. Zuckerberg mengatakan, dia memperkirakan hanya sekitar 25% dari karyawan Facebook akan kembali ke meja mereka pada saat perusahaan membuka kembali kantornya.

Zuckerberg menjelaskan, karyawan yang memilih untuk terus bekerja dari jarak jauh akan diminta untuk melaporkan lokasi mereka ke perusahaan. Persyaratan itu akan mulai berlaku pada 1 Januari.

"Kami menetapkan tanggal 1 Januari bagi karyawan untuk kembali ke tempat semula, atau memilih tinggal di tempat sekarang berada dan pada dasarnya, kami akan menyesuaikan gaji karyawan sesuai dengan lokasi yang dipilih," kata Zuckerberg.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini