nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Perusahaan yang Tetap Terapkan Work From Home Setelah Pandemi Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 12:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2217941 3-perusahaan-yang-tetap-terapkan-work-from-home-setelah-pandemi-covid-19-ZH9lt2lIXa.jpg Work from home (Foto: CNET)

JAKARTA - Rupanya sejumlah perusahaan kelas dunia akan tetap menerapkan work from home alias kerja dari rumah meski pandemi Covid-19 nanti selesai. Sebab perusahaan-perusahaan tersebut bisa menjalankan bisnisnya meski dilakukan dari jarak jauh.

Lalu perusahaan mana saja yang akan tetap menerapkan work from home secara permanen?

1. Facebook

 Facebook

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan, 50% karyawan Facebook dapat bekerja dari rumah dalam lima hingga 10 tahun mendatang. Facebook menunjukkan pihaknya terus mendukung work from home (WFH) sejak terjadinya pandemi Covid-19.

Seperti dilansir CNN Business, Jumat (22/5/2020), Facebook juga berupaya mendukung karyawan yang ada work from home secara permanen.

Zuckerberg mengatakan, dia memperkirakan hanya sekitar 25% dari karyawan Facebook akan kembali ke meja mereka pada saat perusahaan membuka kembali kantornya.

Karyawan, terang Zuckerberg berhak memilih terus bekerja dari jarak jauh akan diminta untuk melaporkan lokasi mereka ke perusahaan. Persyaratan itu akan mulai berlaku pada 1 Januari.

Menurut Zuckerberg, ide ini sebagai solusi pemenuhan keinginan karyawan dan juga sebagai upaya untuk menciptakan kemakmuran ekonomi yang lebih luas. Pernyataan itu muncul kurang dari dua minggu setelah saingannya Twitter mengatakan akan membiarkan sebagian karyawannya bekerja dari rumah selamanya

2. Twitter

 Twitter

Twitter jadi perusahaan teknologi AS pertama yang mengizinkan karyawan untuk bisa bekerja dari jarak jauh dan melakukan work from home selamanya.

 Baca juga: Twitter Terapkan Work from Home Selamanya

CEO Twitter Jack Dorsey membuat keputusan ini karena pandemi Covid-19 yang memaksa karyawan untuk melakukan work from home demi memutus rantai penularan virus corona.

Situasi tersebut memaksa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam budaya kerja di seluruh dunia.

 Baca juga: Masa WFH Sebagian Karyawan Facebook Akan Diperpanjang

Secara resmi Twitter mengatakan tidak akan membuka kembali sebagian besar kantor sebelum September. Karyawannya pun dapat memilih untuk datang atau tidak ke fasilitas tersebut.

3. Square

Square

Menyusul Twitter, Perusahaan Square Inc memutuskan bahwa sebagian besar karyawannya dapat work from home selamanya. Bahkan, setelah kantor dibuka kembali.

Akibat dari ketatnya pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19, hal itu berdampak pada perubahan cara bisnis, yakni dengan munculnya sistem Work from Home.

"Kami ingin karyawan dapat bekerja di tempat yang menurut mereka paling kreatif dan produktif," kata Juru Bicara Square dalam pernyataan melalui email seperti dilansir dari laman Reuters belum lama ini.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini