nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Masyarakat Belanja Online Peluang UMKM Bangkit Lawan Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 12:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2217957 banyak-masyarakat-belanja-online-peluang-umkm-bangkit-lawan-corona-qxb46lxR0n.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat seluruh industri terkena dampaknya. Mengingat, seluruh aktivitas masyarakat dibatasi guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Selain itu, pandemi virus corona ini juga membuat perubahan pada pola bisnis dan aktivitas masyarakat. Masyarakat dan pelaku usaha pun terpaksa harus menjalankan aktivitasnnya lewat online.

Baca Juga: Transformasi UMKM dari Offline ke Online Dipercepat

Presiden Komisaris SEA Group Pandu P Sjahrir mengatakan, pandemi virus corona ini bisa menjadi titik balik untuk industri digital bisa bangkit. Mengingat saat ini seluruh aktivitas masyrakat dan dunai bisnis sudah mulai menggunakan digital karena adanya kebijakan jaga jarak imbas virus corona.

“Jadi dengan adanya perubahan ini semuanya berubah seperti shock waves. Orang melakukan telekomunikasi meeting sekarang pakai video call, belanja secara online, work from home (bekerja dari rumah)," ujarnya mengutip keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020)

Pandu menjelaskan bahwa kebijakan work from home yang harus dijalani masyarakat beberapa bulan terakhir akan turut mengubah perilaku serta kebiasaan masyarakat, dan hal itu irreversible atau akan berlaku seterusnya. Termasuk juga kebiasaan untuk belanja dengan menggunakan platform online.

“Sekarang ada program pemerintah, yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Presiden minta kita semua platform e-commerce bersatu untuk bisa membantu UMKM yang selama pandemi ini kesulitan mencari pasar," jelasnya.

Baca Juga: Ada Corona, Baru 13% UMKM Online 

Oleh karena itu, dirinya berharap akan semakin banyak perusahaan digital yang menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga para pelaku UMKM ini bisa bangkit dari keterpurukan akibat virus corona.

Apalagi, UMKM juga memegang perangan penting bagi perekonomian negra. Jika pelaku UMKM bisa survive atau bahkan penghasilannya bisa meningka, maka roda perekonomian Indonesia akan tetap berjalan dalam masa krisis.

"Ini bantuannya full, kita bantu 100% masuk platform tanpa bayar biaya apapun. Artinya, kita tidak akan membebankan biaya apapun pada penjual, karena kita ingin lebih banyak UMKM di masyarakat yang mau memanfaatkan platform, karena berbelanja online akan menjadi trend masa depan," jelasnya

Selain dukungan terhadap UMKM, bantuan paling besar yang bisa diberikan kepada masyarakat terutama UMKM selama pandemi ini adalah pengetahuan mengenai wiraswasta dengan memanfaatkan teknologi. Menurut Pandu, orang Indonesia adalah orang yang sangat kuat dalam bidang kewirausahaan dan beradaptasi dengan teknologi digital, sehingga akan mampu membuat catatan sejarah bahwa kehidupan masyarakat akan segera membaik setelah pandemi berlalu.

“Orang Indonesia itu pintar, selalu saja ada yang bisa dijual dan sangat kreatif. Alhamdulillah penduduk kita muda-muda, jadi daya bekerja kita juga cukup bagus. Ini kesempatan kita, ini saatnya kita untuk menulis sejarah kita sendiri,” jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini