nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terdampak Corona, Masyarakat Diminta Aktif Bantu Pelaku UMKM

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 13:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2218022 terdampak-corona-masyarakat-diminta-aktif-bantu-pelaku-umkm-Eerq31iYIT.jpg UMKM Terkena Dampak Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) meminta masyarakat untuk ikut aktif dalam membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengingat para pelaku UMKM ini menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi corona.

Asisten Deputi Organisasi dan Badan Hukum Koperasi Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Christina Agustin, A.PI,MM mengatakan, para pelaku UMKM menjadi salah satu ujung tombak dari perekonomian negara. Oleh karena itu, dirinya berharap peran aktif masyarakat untuk ikut membantu para pelaku UMKM.

"Untuk membangkitkan ekonomi yang terkena dampak covid, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah namun juga menjadi tanggungjawab masyarakat,” ujarnya mengutip keterangan tertulis, Jumat  (22/5/2020).

Baca Juga: Banyak Masyarakat Belanja Online Peluang UMKM Bangkit Lawan Corona

Menurut Christina, dari sisi pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM untuk menciptakan produk-produk berkualitas. Sebab menurutnya, semakin banyak tumbuh UMKM yang berkualitas makin banyak produk yang akan dihasilkan, maka akan semakin luas juga pasarnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Sehingga ekonomi kita yang sekarang ini terdampak covid akan semakin cepat untuk pulih. Mengapa karena sektor UMKM ini menjadi pendorong dalam membangkitkan perekonomina nasional," jelasnya.

Baca Juga: Transformasi UMKM dari Offline ke Online Dipercepat

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk koperasi yang mana anggotanya para pelaku UMKM. Lewat koperasi, para pelaku UMKM tetap bisa menjalankan usahanya dan memasarkan produknya.

Selain itu, koperasi juga bisa digunakan untuk fasilitas mencari kebutuhan bahan baku. Apalagi saat pandemi corona ini, ketersediaan bahan baku sangat terbatas.

"Melalui produk-produk unggulan UMKM di masing-masing daerah yang menopang ekonomi lokal di daerahnya masing-masing” jelasnya.

Sementara itu Pengamat dan Penggiat Koperasi Dr Dewi Tentu Septi Artiany mengatakan, pembuatan kelembagaan kolektif untuk mengelola brand atau merek menjadi sangat penting dalam mengembangkan bisnis UMKM. Karena selama ini para pelaku UMKM masih kesulitan mencari wadah untuk memasarkan produknya

"Koperasi bisa menjadi alat untuk mengelola brand, sehingga produk-produk UMKM akan terkelola dengan baik, dari mulai packaging, pemasaran, marketing, iklannya serta networkingnya,’’ jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini