nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari 2018, Satgas Waspada Investasi Hentikan 2.536 Pinjaman Online Ilegal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 23 320 2218390

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi mencatat sejak 2018 sampai saat ini, 2.536 pinjaman online ilegal telah dihentikan kegiatannya. Masyarakat pun diminta untuk selalu waspada karena pinjaman online ilegal masih terus ada.

Seperti yang baru saja terungkap adanya 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan penawaran pinjaman online ilegal yang kegiatannya tidak sesuai dengan prinsip perkoperasian.

Baca Juga: Satgas Investasi Ungkap 50 Aplikasi Pinjaman Online Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Penggunaan aplikasi Koperasi Simpan Pinjam ilegal bertujuan untuk mengebui masyarakat seakan-akan penawaran pinjaman online itu memiliki legalitas dari Kementerian Koperasi

“Jadi jika menemukan tawaran pinjaman online yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.idM,” ujar Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing, dalam keterangannya, Sabtu (23/5/2020).

Baca Juga: Satgas Waspada Investasi Hentikan 28 Kegiatan Usaha Ilegal

Menurut Tongam, penindakan ini sangat diperlukan mengingat masih banyaknya pinjaman online ilegal yang beroperasi di tengah masyarakat yang saat ini sedang menurun pendapatannya akibat pandemi Covid – 19.

“Kegiatan pinjaman online ilegal ini sangat merugikan masyarakat karena mengenakan bunga dan fee yang sangat tinggi, jangka waktu pinjaman singkat, dan diduga melakukan penyebaran data pribadi serta intimidasi pada saat peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tepat waktu,” ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini