nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barang Langka, Harga Kelapa Parut Meroket Jelang Lebaran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 11:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 23 320 2218456 barang-langka-harga-kelapa-parut-meroket-jelang-lebaran-XJH9NNRhN8.jpg Kepadatan Pasar Jelang Lebaran. (Foto: Okezone.com/Wilda)

JAKARTA - Permintaan kelapa parut jelang Lebaran meningkat dratis seperti pada tahun ini. Namun, kondisi tersebut tidak dibarengi dengan pasokan kelapa yang cukup.

Alhasil, harga kelapa parut yang kerap kali diperuntukan sebagai bahan dasar rendang hingga opor, naik dratis pada Lebaran kali ini. Dari rata-rata harian Rp8.000, harga kelapa pada H-1 Lebaran naik jadi Rp30.000.

Baca Juga: Abaikan Physical Distancing, H-1 Lebaran Pasar Kian Ramai

Menurut para pedagang kelapa, kenaikan terjadi lantaran barang yang tidak tersedia. Karena itu harga kelapa parut pun bisa naik sampai Rp30.000 per buahj.

"Terpaksa jual Rp30.000, soalnya barang langka," ujar Pedagang Kelapa di Pasar Kebayoran Lama Mirwan saat ditemui Okezone, Sabtu (23/5/2020).

Baca Juga: Diburu untuk Opor dan Rendang Lebaran, Harga Kelapa Parut Naik Jadi Rp30.000

Pedagang kelapa lainnya, Ucok mengaku memang kelapa yang ada tidak banyak. Apalagi permintaan seperti Lebaran sangat tinggi.

"Tidak banyak barangnnya, jadi tinggi harganya," tuturnya.

Meski harganya tinggi, masih ada pembeli yang mayoritas ibu-ibu untuk menghampiri lapaknya. Hal ini karena tradisi membuat sayur ketupat, opor dan rendang saat Lebaran tak bisa dilewatkan oleh masyarakat.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini