Share

Ini 3 Hal yang Harus Anda Jaga Usai Di-PHK

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 320 2218923 ini-3-hal-yang-harus-anda-jaga-usai-di-phk-Jh8jzRyAih.jpg Mengalami PHK (Foto: Flexjobs)

JAKARTA - Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK merupakan sebuah kondisi berhenti kerja secara terpaksa yang bisa Anda terima sewaktu-waktu. Bagi Anda yang berusia di bawah 30 tahun atau belum menikah, hal ini mungkin tidak terlalu menjadi masalah karena Anda masih bisa mencari pekerjaan di tempat lain.

Lalu bagaimana jika Anda sudah berusia lebih dari 30 tahun, terlebih sudah memiliki keluarga? Hal tersebut tentunya membuat Anda stres karena Anda dituntut untuk menyambung kehidupan keluarga. Sementara mencari pekerjaan di usia tersebut tentu tak lagi mudah.

PHK

Meski mengalami stres karena PHK, ada baiknya stres tersebut masih dalam batasan wajar. Dalam hal ini, ada 3 hal yang harus tetap Anda jaga setelah mengalami PHK agar Anda tidak salah langkah, atau bahkan memiliki kehidupan yang lebih buruk.

1. Mental

Kehilangan pekerjaan pasti akan menjadi sebuah beban pikiran yang sangat berat. Melansir buku PHK dan Pensiun Dini Siapa Takut pada Minggu, (24/5/2020), agar beban pikiran dan stres yang dialami sedikit berkurang, Anda dapat menenangkan pikiran dengan cara berlibur tanpa menghabiskan uang pesangon yang didapat.

Anda bisa berkemah di pegunungan atau mengunjungi rumah saudara yang tinggal di pedesaan yang asri. Alam sejuk dan pemandangan sekitar dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks.

2. Fisik

Stres yang ditimbulkan karena PHK dapat menurunkan kondisi fisik Anda. Anda harus tetap menjaga fisik dan kesehatan karena ini adalah aset Anda.

 Baca juga: Kepala Keluarga Kena PHK, Ini Langkah Awal yang Harus Diambil

Jika lemah dan sakit, Anda tidak dapat menghasilkan apapun. Untuk itu, Anda jangan sampai terjebak dalam aktivitas yang merusak fisik akibat stres.

Baca juga: Imbas Covid-19, Pabrik Sepatu Nike PHK Karyawannya

3. Keuangan

Uang pesangon yang diperoleh perlu dijaga dengan baik karena bisa jadi hal itu merupakan kekayaan Anda yang terakhir. Meskipun dalam kondisi emosi dan stres yang tidak stabil, Anda jangan sampai gegabah mudah menggunakannya.

Berhati-hatilah jika Anda ingin memulai bisnis yang baru. Jangan mudah tergiur dengan suatu peluang jika Anda belum benar-benar mendalami peluang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini