Tahap Pertama New Normal: Mal Dibuka 5 Juni, Pengunjung Hanya Diizinkan 500 Orang

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 320 2219759 tahap-pertama-new-normal-mal-dibuka-5-juni-pengunjung-hanya-diizinkan-500-orang-9w42bjd8hT.jpg Mal Kembali Dibuka (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Penerapan skenario new normal di tengah pandemi virus corona akan djalankan, salah satunya dengan pembukaan mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta secara bertahap pada 5 dan 8 Juni 2020.

Nantinya, jumlah pengunjung mal dibatasi. Jika mal memiliki kapasitas 1.000 orang, maka hanya diizinkan setengahnya saja atau 500 orang yang boleh mengunjungi mal.

Baca Juga: Awalnya Hanya 60 Mal yang Akan Dibuka, Kini Jadi 70 Titik

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, pada tahap pertama, aparat akan melaksanakan pendisiplinan di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

"Mudah-mudahan tahap pertama bisa berjalan baik akan kita atur mal yang kapasitas 1.000 akan kita izinkan 500 (orang) saja dan kita awasi," terang Panglima TNI dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

TNI-Polri akan menjaga fasilitas tempat-tempat keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat agar aman dari penularan virus Corona (COVID-19).

Baca Juga: Pemulihan Kegiatan Ekonomi di Jakarta Tergantung Kedisiplinan Warganya

Selain mal, TNI-Polri juga menjadi tempat yang akan dibatasi kapasitasnya. Panglima TNI mengatakan rumah makan dengan kapasitas 500 orang akan dibatasi hanya 200 orang saja.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana publik.

Lokasi pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi di sekitaran Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Selain itu, Jokowi juga mengunjungi Mal Summarecon Bekasi untuk kesiapan prosedur new normal di sarana perniagaan.

 Jelang New Normal, Presiden Jokowi Tinjau Stasiun MRT Bundaran HI

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini